Anda Wajib Coba, Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Populer dan Lezat

CulinaryTourism – Bali bisa dikatakan tak pernah ada matinya dalam menawarkan pesona wisata. Bagaimana mungkin bisa kehabisan tempat wisata? Pulau Dewata selalu menggaet wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika anda berwisata ke Bali tentunya anda tak boleh melewatkan makanan khas daerah Bali. Berikut ini adalah beberapa makanan khas bali yang wajib anda cicipi.

1. Nasi Jinggo

Salah satu kuliner yang menarik perhatian dan tidak boleh sampai anda lewatkan tentunya adalah nasi jinggo. Dengan pembungkus daun pisang dan memiliki tampilan kerucut memanjang, nasi jinggo banyak disajikan bersama daging, mie sambal goreng tempe dan tentunya sambal.

2. Sate Lilit

Munkin anda sudah familiar dengan kuliner yang satu ini. Sate lilit adalah olahan daging ikan atau ayam yang dililitkan pada tusuk sate karna sudah dibumbui tak ada bumbu kacang di dalam penyajiannya.

3. Sate Penyu

Makanan yang satu ini adalah makanan non halal, meski memiliki nama sate penyu, namun makanan ini tidak terbuat dari daging penyu melainkan daging babi. Dengan bumbu cabai dan sedikit garam, sate ini sudah siap dibakar dan disajikan.

4. Sate Pentul

Nah makanan yang satu ini mirip dengan sate lilit, sate pentul ini disajikan dengan cara dililitkan pada tusuk sate. Yang menjadi pembeda antara makanan tersebut adalah pada sate pentul menggunakan tusuk sate dengan bahan batang serai bukan kayu atau bambu.

5. Ayam Betutu

Makanan yang satu ini sangat populer di kalangan wisatawan, yang dimana ayam betutu dihidangkan dengan bumbu base genep. Base genep berisi terasi, kemiri, jahe, lengkuas, bawang, kunir, kencur, serai, cabai dan daun salam.

6. Bebek Betutu

Bebek betutu juga menggunakan bumbu base genep, bebek betutu adalah situs slot pulsa tanpa potongan salah satu makanan yang tak boleh anda lewatkan. Dalam penyajiannya, bebek betutu ini akan ditambah dengan sambal matah yang pedas dan lezat.

7. Bebek Bengil

Makanan yang menjadi salah satu makanan khas Pulau Dewata. Mirip dengan olahan bebek pada umumnya,anda akan menemukan daging bebek goreng dengan rasa gurih serta rempah yang lezat.

8. Rujak Bulung

Pada umumnya rujak berisi buah buahan, beda halnya dengan rujak bulung. Kuliner yang satu ini berbahan dasar rumput laut yang disiram dengan kuah pindang dan ditambah kelapa parut serta kedelai goreng.

9. Bulung Kuah Pindang

Masih menggunakan bahan rumput laut, anda juga harus mencoba bulung kuah pindang, makanan ini memiliki cita rasa pedas gurih, kuliner ini mreupakan rumput lat yang direbut kemudian disiram dengan kuah pindang.

10. Rujak Buleleng

Rujak buleleng banyak dikonsumsi bersamaan dengan bulung kuah pindang. Kuliner yang ini mirip dengan rujak buah pada umumnya dan juga menawarkan rasa segar dan pedas secara bersamaan.