Fakta Unik Sambal Ganja dari Aceh yang Bikin Nagih!

Culinary Tourism – Apakah yang Anda pikirkan ketika mendengar sambal ganja yang berasal dari Aceh? Ya, daerah penghasil ganja ini terkenal akan agama Islam yang sangat kental, tak mungkin mengolah ganja yang dilarang untuk makanan bukan? Eits, jangan berasumsi terlalu jauh dulu, simak fakta unik sambal ganja agar makin paham.

Fakta Unik Sambal Ganja dari Aceh

Penasaran bagaimana faktanya? Mari simak informasi di bawah ini yang telah kami rangkumkan untuk Anda:

  1. Sambalnya Halal

Ya, jangan berasumsi terlalu jauh dahulu karena sambal ini halal. Sambal ini dinamakan ganja bukannya terbuat dari daun ganja melainkan karena rasanya yang nikmat dan membuat situs judi slot deposit pulsa siapa saja ketagihan.

Sambalnya ini sama sekali tidak mengandung ganja sedikit pun melainkan menggunakan bahan-bahan yang segar dan nikmat. Bahan utama dalam membuat sambal ini hanyalah cabai, udang rebus cincang, belimbing wuluh, dan berbagai bahan lainnya.

Keharumannya menggoda apalagi rasanya yang selalu membuat lidah kita ingin mencicipinya terus menerus. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika ada yang menawari sambal ganja khas Aceh ini ya…

  • Memiliki Rasa Pedas yang Meledak-ledak

Walaupun menggunakan bahan campuran yang banyak seperti udang, serai, daun jeruk, dan juga belimbing wuluh tetapi rasa pedasnya tetap tak terkalahkan. Jika dilihat memang tidak terlihat merah seperti sambal pada umumnya tapi rasa pedasnya akan membakar mulut Anda.

Sambal ini cocok sekali disantap dengan menggunakan ayam tangkap yang juga merupakan salah satu kuliner khas Aceh. Rasa ayam tangkap yang sangat gurih semakin sedap dengan aroma dan segarnya sambal ganja. Sambal ini cocok sekali untuk Anda yang suka makanan pedas.

  • Ada Campuran Rasa Asam yang Segar

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa sambal ini menggunakan campuran rasa asam yang diambil dari belimbing wuluh. Belimbing wuluh merupakan tumbuhan yang hidup dengan subur sehingga mudah ditemui.

Belimbing wuluh memiliki fungsi untuk menambah kesegaran sambal sehingga menjadi kaya akan rasa; Bagaimana tidak, dalam sekali suap Anda bisa merasakan pedas, gurih, manis, dan asam.

Selain itu, belimbing wuluh yang asam juga berfungsi membantu menggugurkan lemak pada udang. Tak hanya itu saja, belimbing wuluh bersama dengan serai dan daun jeruk bisa membasmi bau amis yang berasal dari udang yang telah dicincang halus tersebut. Jadi, walaupun menggunakan bahan dari laut sambal ini tetap terasa nikmat dengan aroma yang segar.

  • Cara Membuatnya Mudah dan Bisa Dipraktikkan di Rumah

Jika Anda penasaran sekali dengan sambal ganja khas Aceh ini maka dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk bahan-bahannya adalah:

  • 10 ekor udang berukuran sedang, buanglah kepala dan kulitnya, cuci bersih, masak dengan digoreng atau direbus dan cincang halus
  • 6 buah cabai rawit atau lebih sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah belimbing wuluh, potong kecil-kecil
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan irislah tipis-tipis
  • 2 batang serai  iris tipis-tipis bagian putihnya
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdm gula putih
  • 1 sdm minyak goreng mendidih

Cara membuatnya mudah, tinggal ulek semua bahan di atas dan terakhir siram dengan minyak goreng mendidih. Sambal ganja bisa segera dihidangkan

Nah, itulah beberapa fakta unik sambal Ganja dari daerah Aceh. Jadi, Anda tak perlu takut makan sambal ini karena selain nikmat juga halal. Anda bisa membuatnya sendiri atau bisa juga membeli pada saat berkunjung ke Aceh.