Daftar Makanan Tradisional yang Paling Legendaris di Indonesia

Culinary Tourism – Apa saja makanan yang menjadi favorit kamu? Indonesia yang lokasinya ada di garis khatulistiwa, memiliki keragaman yang melimpah. Mulai dari kaya bahasa, budaya, hingga kulineran yang primadona ada di Indonesia.
Sekian banyak kulineran yang nikmat untuk dicicipi, Indonesia memiliki makanan legendaris yang tak lekang oleh waktu. Kalau kamu ingin menikmati makanan khas Indonesia yang legendaris dan tak pernah terlupakan, silahkan simak penjelasannya berikut ini:

  1. Bakso
    Kalau sudah berbicara makanan yang paling legendaris di Nusantara adalah bakso. Makanan ini memang tidak bisa terlewatkan karena selain menawarkan cita rasa gurih dan lezat juga sebagai menu andalan.
    Masyarakat Indonesia sudah menyatu dengan makanan berkuah tersebut. Bakso terbuat dari olahan daging yang dibentuk bundar yang dipadukan dengan kuah gurih yang nikmat. Bakso cocok dinikmati di segala cuaca, baik dingin atau panas.
  2. Opor Ayam
    Ketika sudah masuk hari lebaran, salah satu olahan yang wajib ada adalah opor ayam. Makanan bersantan ini menjadi menu wajib ketika lebaran. Makanan ini termasuk makanan legendaris yang selalu mencuri hati para penikmatnya.
    Masakan ini pastinya sudah dipadukan dengan kaya rempah dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Jadi tidak ada salahnya menjadikan harimu lebih spesial dengan menikmati opor ayam.
  3. Nasi Goreng
    Selain opor ayam, makanan yang tak kalah legendaris lainnya adalah nasi goreng. Menu makanan ini menjadi menu andalan sarapan orang Indonesia. Bahkan nasi goreng ini bisa dimakan setiap saat, baik pagi, siang, dan malam.
  4. Sate
    Olahan yang berbahan dasar ayam memang selalu menggoda dan pasti banyak yang suka. Salah satu menu legendaris yang banyak diminati orang Indonesia adalah Sate. Pastinya banyak yang suka karena sate menawarkan cita rasa yang lezat dan eksistensinya terlezat sepanjang masa.
  5. Botok tawon
    Serangga yang kenal dengan sengatannya itu ternyata menawarkan olahan makanan yang nikmat dan pastinya menyehatkan. Tawon ini biasanya dimasak pada daun pisang dan dipadukan dengan bumbu rempah-rempah. Pastinya kamu kalau sudah mencobanya akan ketagihan akan kelezatannya.
  6. Gudeg
    Gudeg merupakan salah satu masakan khas jogja yang sudah populer dan terkenal akan kelezatannya. Memang pembuatannya cukup rumit, namun hasilnya sangat lezat. Untuk mendapatkan hasil yang nikmat memang membutuhkan banyak rempah dan waktu memasak yang lama.
    Bahan utama pembuatannya adalah nangka muda dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri. Nantinya bumbu akan ditumis bersama daun jeruk, daun salam, serai, gula merah, garam, dan kecap.
  7. Rendang
    Rendang merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Indonesia. Rendang ini berasal dari kata marandang yang artinya proses memasak tanpa air. Rendang ini masakan asli minang yang terkenal butuh waktu lama untuk memasak sekitar 8 jam.
    Lebih uniknya masakan rendang ini memiliki racikan yang berbeda di setiap daerah. rendang dari asalnya membutuhkan banyak rempah seperti bawah merah, bawang putih, laos, cabai merah, kunyit, daun jeruk, dan berbagai bumbu lainnya.
  8. Sop buntut
    Makanan legendaris lainnya yang tak kalah lezatnya adalah sop buntut. Bahkan agen slot online terpercaya baru mencium aromanya saja kamu tidak sabar untuk memakannya. Cara masak sop buntut memang cukup rumit agar aromanya lebih harum. Bumbu yang gal boleh ketinggalan adalah bawang bombay dan bawang putih, merica bubuk dan garam.
    Demikianlah daftar makanan legendaris Indonesia yang menawarkan cita rasa yang nikmat dan bikin nagih. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan akan aneka menu legendaris di Indonesia.