Makanan Khas Sumatera Selatan yang Nikmatnya Bikin Nagih

CulinaryTourism – Kali ini kita akan membahas mengenai daftar makanan khas Sumatera Selatan yang ternyata menawarkan cita rasa yang nikmat dan bikin nagih. Salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang paling populer adalah pempek.
Pulau Sumatera Selatan ini ibukotanya adalah Palembang dengan menu Pempek menjadi andalannya. Pempek sendiri makanan yang terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji yang sudah dihaluskan. Selain itu bahan tambahan lainnya seperti bawang putih, telur, garam, dan penyedap rasa.
Awal sejarahnya Pempek ini terbuat dari daging ikan belida, namun kini beralih menjadi ikan gabus sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan populasi ikan belida sudah semakin langka sehingga kini pempek dibuat dari bahan ikan laut dan ikan sungai.
Makan Pempek kurang lengkap kalau tidak menggunakan kuah saus hitam yaitu cuko. Cuka ini terbuat dari air rebusan bersama gula merah, garam, ebi, cabai tumbuk, dan bawang putih. Tampilan cuko ini mirip dengan kecap asin namun memiliki cita rasa yang berbeda.

Daftar Menu Makanan Khas Sumatera Selatan yang Kaya Cita Rasa

Selain makanan khas Pempek ternyata, masih banyak agen bola online terpercaya berbagai variasi makanan yang menawarkan cita rasa yang nikmat. Penasaran? berikut ini penjelasannya :

  • Mie Celor

Selain Pempek, menu makanan lain yang menawarkan cita rasa nikmat adalah mie celor. Makanan khas Sumatera Selatan ini berbahan dasar dari mie dan udang. Biasanya masakan ini diberi bahan pelengkap seperti kuah santan, perasan jeruk nipis, daun seledri, tauge, dan telur.

Mie celor ini menawarkan keunikan tersendiri, dimana sebelum di masukkan pada kuah panas, semua bahan akan disiram dulu menggunakan air panas. Biasanya makanan ini cocok dimakan ketika cuaca dingin dan semakin mantap kalau dimakan saat masih panas.

  • Burgo

Di kota Palembang ternyata ada makanan lain yang menawarkan cita rasa yang nikmat selain pempeknya. Makanan khas Sumatera Selatan ini adalah burgo, memang masih asing namun makanan ini menawarkan cita rasa yang gurih dan nikmat.

Burgo merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dengan cara penyajian menggunakan siraman kuah kental dan gurih. Makanan ini kalau diperhatikan mirip sekali dengan kwetiau, yang membedakan adalah terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Selain itu cara penyajiannya di iris tips dan digulung.

  • Pindang

Makanan khas Sumatera Selatan ini berbahan dasar ikan yang sudah digarami dan dibumbui. Kemudian agar lebih nikmat ikan ini diasapi atau direbus sampai kering. Proses pengasapan ini bertujuan untuk membuat ikan bisa tahan lebih lama.

Saat ini makanan pindang ini sudah tersedia beberapa varian seperti pindang ikan, pindang udang, bahkan pindang tulang. Kamu wajib mencicipinya ketika datang ke Sumatera Selatan.

  • Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari fermentasi buah durian. Sama halnya kalau di Jogja yang memiliki olahan khas dari buah nangka muda menjadi gudeg.

Tempoyak ini sangat cocok digunakan sebagai makanan pendamping nasi karena menawarkan cita rasa yang menyengat dan asam. Selain itu tempoyak ini juga cocok digunakan untuk campuran sambal.

  • Tekwan

Makanan khas Sumatera Selatan ini terbuat dari bahan ikan dan sagu. Makanan ini sudah banyak dijumpai dimana-mana, sehingga kamu bisa mencobanya. Ikan dan sagu diolah menjadi bentuk kecil dan bulat. Biasanya Tekwan ini dihidangkan dengan beberapa bahan pelengkap seperti bawang, jamur, mie bihun, bengkoang, dan seledri. Demikianlah penjelasan mengenai beberapa makanan khas Sumatera Selatan yang menawarkan cita rasa yang tak kalah dengan Pempek. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu bisa mengetahui beberapa makanan khas Sumatera Selatan. Jangan lupa mencicipi saat berkunjung ke Sumatera Selatan.