Ini Cara Merawat Kulit Kucing Yang Super Sensitif

Memelihara kucing adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Pasti lebih menyenangkan lagi kalau kucing yang dimaksud memiliki bulu yang lebat, lembut dan halus. Sayangnya, beberapa kulit kucing tergolong sensitif sehingga memerlukan perawatan khusus agar ideal.

Apabila Anda mejumpai benjolah mengelupas, kemerahan, atau iritasi pada bagian kulit kucing, ini tandanya kulit kucing tersebut sensitif. Anda juga harus memperhatikan Game Slot Live keberadaan sekaligus menyingkirkan kutu, tungau, ataupun parasit lain yang jadi penyebab rusaknya kulir kucing.

Agar kulit kucing yang sensitif lebih terawat dan terhindar dari penyakit, ada beberapa cara bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Cara Merawat Kulit Sensitif Pada Kucing

Gunakan sampo khusus untuk mengeramasi kucing tersebut

Ketahui terlebih dahulu apakah kulit kucing milik Anda benar-benar sensitif. Jika benar demikian, Anda harus menggunakan samp khusus saat memandikan mereka.

Hal dikarenakan bisa jadi kucing milik Anda mengalami alergi tertentu. Pilihan sampo yang tepat dapat meminimalisir pemicu alerginya lebih lanjut. Jangan lupa perhatikan kadungan kimia dalam sampo. Pastikan sampo tidak terlalu keras untukkulit kucing sehingga membuat bulu-bulunya rontok.

Sikat bulu kucing setiap hari

Tak jarang para pemilik kucing mengabaikan aktivitas ini. Menyikat bulu kecing, padahal sangat penting agar kesehatan kulit dan bulu kucing tetap terjaga. Anda bisa melalukan hal ini sesering mungkin atau minimal satu kali dalam sehari.

Apa manfaat menyikat bulu kucing? Semakin sering bulu kucing disikat, makan kucing Anda sendiri akan semakin jarang menjilatinya.

Selain itu, tujuan menyikati bulu kucing juga agar dapat menyingkirkan bulu-bulu yang baru saja rontok. Dengan begitu, kucing kesayangan Anda akan merasa lebih nyaman. Kenyaman kucing tentu saja berdampak positif dengan meminimalisir stres pada hewan. Stres pada pasalnya juga menjadi sumber pemicu timbulnya penyakit.

Berikan makanan dengan gizi seimbang

Anda mungkin sempat beranggapan kalau memberikan makan pada kucing sebanyak mungkin akan membuat hewan kesayangan Anda ini semakin sehat. Pendapat ini tidak keliru, tapi juga berpotensi salah.

Anda perlu memahami pola pemberian makan yang kita lakukan pada kucing bisa menjadi sumber penyebab kulitnya jadi sensitif. Meski kucing doyan makan, porsi dan frekuensinya harus tetap diatur agar tidak timbul penyakit.

Pastikan makanan kucing milik Anda mengandung serat serta omega-3 yang sesuai dengan kebutuhan kucing agar kulitnya menjadi lebih sehat.

Apakah kucing Anda alergi?

Anda perlu dengan membaik mengamati kulit kucing. Mungkin saja kulit kucing Anda terbebas dari parasit sepeti kutu atau tungau. Namun, kulit sensitif juga dapat disebabkan oleh alergi.

Beberapa kucing cukup alergi terhadap debu, jamur, atau serbuk sari. Hal dapat menyebabkan peradangan pada kulit terlebih jika sering dijilati, digaruk, mengalami kerontokan atau kulitnya bersisik. Jauhkan sumber-sumber penyebab kucing menjadi alergi.

Waspada infeksi kulit pada kucing peliharaan Anda

Pemeliharaan kesehatan kulit kucing perlu diperhatikan sejak dini. Terlebih mereka yang usianya masih di bawah 1 tahun, memiliki imunitas yang belum kuat menangkat kemungkinan infeksi kulit.

Perhatikan saat kucing mulai menggaruk-garuk badannya. Salah satu penyebab infeksi pada kulit kucing adalah jamur ringworm. Ini merupakan jenis jamur sumber infeksi kulit khususnya yang menimpa anak kucing. Harus segera diobati agar tidak timbukan kerusakan jaringan pada kulit kucing.

Beberapa bagian yang sering terdampak adalah kepala, telinga, hingga badan. Untuk pencegahan, Anda bisa memandikan kucing dengan rutin. Untuk pengobatan, tersedia salep khusus.