Kelebihan dan Kekurangan Reksa Dana Campuran

CULINARY-TOURISM – Setiap jenis investasi tentu menawarkan keuntungan masing-masing. Namun, tidak dipungkiri bahwa setiap jenis investasi tersebut juga memiliki kekurangan. Begitu pula dengan Macauslot88 Tanpa Potongan investasi reksa dana campuran yang memiliki keuntungan dan juga kekurangan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan reksa dana campuran? Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan reksa dana campuran.

Kelebihan Reksa Dana Campuran

  • Relatif lebih aman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa reksa dana pasar campuran relatif lebih aman dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Hal ini karena dana investasi bisa dikelola secara fleksibel oleh manager investasi. Dana investasi bisa dialihkan secara fleksibel pada instrumen saham, pasar uang, atau obligasi sesuai dengan kondisi yang ada. Jika kondisi pasar saham saat ini sedang tidak kondusif, maka manager investasi bisa mengambil keputusan untuk mengalihkan dana investasi ke instrumen yang lain. Dengan begitu, maka kemungkinan mengalami kerugian bisa diminimalisir.

  • Bisa membeli banyak instrumen dengan modal kecil

Saat membeli reksa dana campuran, maka secara tidak langsung Anda sudah membeli beberapa instrumen investasi sekaligus. Sejauh ini, reksa dana bisa dibeli dengan modal awal hanya Rp100.000,- saja. Tentu saja, hal ini sangat mempermudah Anda yang ingin berinvestasi namun belum memiliki banyak modal. Dengan setoran modal awal yang sangat terjangkau ini, para investor tentu tidak terlalu was-was jika nantinya reksa dana yang dibeli mengalami anjlok atau rugi di tengah jalan.

  • Ideal untuk investasi jangka menengah – panjang

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan membeli reksa dana campuran adalah sangat sesuai menjadi sarana investasi jangka menengah hingga jangka panjang. Reksa dana campuran sangat cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan jangka waktu 3 – 5 tahun atau lebih. Selain itu, jenis reksa dana yang satu ini juga cocok bagi investor dengan profil moderat atau risiko sedang.

Kekurangan Reksa Dana Campuran

  • Nilai pasar yang selalu berubah

Berbeda dengan jenis reksa dana lainnya, reksa dana campuran terdiri dari beberapa komposisi alat investasi. Salah satunya adalah memiliki saham di dalamnya. Hal ini membuat nilai aktiva bersih pada reksa dana campuran sangat ditentukan oleh pasar saham. Jika harga saham sedang naik, nilai reksa dana campuran pun akan naik. Begitu pula sebaliknya, nilai reksa dana campuran akan terdampak jika nilai saham sedang turun.

  • Sangat tergantung kinerja dari manager investasi

Investasi reksa dana memang sangat membutuhkan kinerja dari manager investasi yang handal. Begitu pula pada investasi reksa dana campuran. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih manager investasi dengan lebih saksama. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. Pasalnya, kinerja dari manager investasi merupakan hal paling penting yang sangat berpengaruh terhadap berjalannya proses investasi yang Anda lakukan.

  • Tidak mendapat jaminan pemerintah

Perlu diketahui bahwa reksa dana berbeda dengan surat utang negara yang keuntungannya dijamin oleh pemerintah. Jika ada kerugian surat utang negara, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak pemerintah. Hal inilah yang tidak terjadi pada reksa dana campuran. Reksa dana memiliki risiko nilai pasar serta risiko manager investasi. Jika nantinya ada kerugian di tengah jalan, maka kita juga akan menerima dan menanggung kerugian tersebut.

Itu dia penjelasan lengkap terkait investasi reksa dana pasar campuran. Meski memiliki beberapa kekurangan, namun jenis investasi ini juga menawarkan keuntungan yang tinggi. Imbal hasil dari reksa dana campuran juga relatif lebih baik jika dibandingkan dengan investasi pendapatan tetap atau saham.

Selain itu, jenis investasi yang satu ini juga telah terdiversifikasi. Apalagi, proses investasi reksa dana juga tidak terbilang sulit. Dengan begitu, maka reksa dana campuran sangat direkomendasikan para Anda yang merupakan pemula di dunia investasi. Yuk, mulai investasi dari sekarang untuk masa depan.