Ketahui Penyebab Mengapa Tubuh Sering Mengalami Kelelahan

Merupakan hal wajar jika seseorang mengalami kelelahan. Padatnya pekerjaan sehari-hari hingga problem psikologis diketahui membawa resiko kelelahan. Dalam kondisi tertentu kelelahan juga bisa menjadi penanda seseorang terserang penyakit tertentu. Agar tidak semakin berkepanjangan, penting bagi setiap orang mengetahui penyebab kelelahan yang dialami.

Melansir dari Healthline, berikut ialah ulasan penyebab mengapa tubuh mudah mengalami kelelahan. Selain itu, simak pula beberapa cara untuk mengisi kembali energi setelah Anda mengalami kelelahan.

Mengonsumsi karbohidrat halus terlalu banyak

Karbohidrat yang terdapat pada Mpo88 nasi atau singkong memang diperlukan tubuh sebagai penyedia energi. Namun terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat justru menyebabkan Anda merasa lelah berkepanjangan.

Dalam jumlah besar, karbohidrat yang terkandung dalam makanan dapat memicu peningkatan gula darah. Pankreas akan menghasilkan insulin untuk mengeluarkan gula darah. Menjaga gula darah tetap stabil, Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Gaya hidup tidak aktif

Meski olahraga berpotensi mengurangi kelelahan, namun suatu penelitian baru-baru ini mengungkap alasan umum orang tidak mau berolahraga. Orang berusia tua dan penderita sindrom kelelahan kronis (CFS) termasuk di dalamnya.

Gaya hidup tidak aktif (sedentary lifestyle) tentu memicu Anda lebih mudah merasakan lelah. Oleh karena itu, Anda perlu mengganti kebiasaan buruk ini dengan beberapa hal. Seperti, lebih memilih berdiri daripada duduk dan berjalan kaki daripada menaiki kendaraan dalam jarak dekat.

Kurang tidur

Normalnya orang dewasa tidur selama 6-8 jam/ hari. Kurangnya waktu tidur tentu berpengaruh terhadap tingkat kelelahan. Padahal saat tidur, tubuh akan melakukan banyak hal, seperti menyimpan memori hingga melepaskan hormon untuk menstabilkan metabolisme dan energi pada tubuh. Cukup tidur juga akan menghindarkan tubuh dari resiko stres.

Akan tetapi tidak sedikit orang mengalami insomnia saat malam hari. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk aktif melakukan berbagai kegiatan di siang hari.

Tidur di waktu yang salah

Masalah ini umumnya dialami oleh orang-orang yang melakukan shift kerja malam. Pola tidur terbalik dengan waktu tidur di siang hari justru mengganggu ritme jam tidur Anda.

Penelitian menemukan ketika pola tidur tidak sinkron dengan ritme sarkadian Anda dapat menyebabkan kelelahan kronis. Malam hari pun disebut menjadi waktu terbaik untuk melakukan tidur.

Bagi Anda yang melakukan kerja di malam hari ada kabar baik untuk meningkatkan energi pada tubuh. Anda disarankan untuk terpapar cahaya terang, mengenakan kacamata hitam saat berada di luar, serta tidur dalam kegelapan total. Hal ini dapat membantu kesehatan tubuh agar tetap terjaga.

Kurang asupan protein

Protein telah terbukti membantu proses metabolisme lebih baik daripada karbohidrat maupun lemak. Kebaikan protein ini juga membantu terhindar dari kelelahan.

Penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa Korea menunjukkan bahwa protein berpengaruh terhadap ketahanan tubuh. Kebiasaan makan mahasiswa Korea mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti ikan, telur, daging, kacang-kacangan setidaknya dua kali sehari membantu mereka terhindar dari resiko kelelahan meski beraktivitas tinggi.

Stres tinggi

Tak bisa dihindari, stres dapat dialami oleh siapapun. Namun stres yang tak terkendali memicu kelelahan yang tinggi. Ada banyak penyebab seseorang mengalami stres. Padatnya aktivitas sehari-hari hingga problem psikologis juga menjadi alasan seseorang bisa mengalami stres.

Mengelola stres melalui pola hidup sehat, seperti melakukan yoga maupun meditasi diketahui dapat membantu Anda jika mulai merasakan lelah. Praktik pikiran dan tubuh ini mampu membuat Anda lebih energik dan mengatasi stres.

Terdapat banyak kemungkinan seseorang mengalami kelelahan. Namun penting bagi Anda untuk mengidentifikasi lebih lanjut apabila kelelahan semakin berkepanjangan. Menerapkan pola hidup sehat sebagaimana ulasan di atas bisa membantu Anda mengatasi Problem kelelahan Anda secara bertahap.