Makanan Serba Petis Khas Jawa Timur

Culinary-tourism – Petis adalah salah satu dari kuliner khas asal Jawa Timur. Produksi petis juga banyak ditemukan di sana, seperti halnya di Sidoarjo, Gresik, dan Madura. Petis jadi bahan tambahan kedalam berbagai makana andalan Jawa Timur. Nah, berikut adalah beberapa makanan serba petis khas Jawa Timur yang perlu kamu ketahui.

Sebenarnya, petis produk sampingan pengolahan udang, kerang-kerangan, atau ikan. Petis mempunyai rasa manis tapi cenderung gurih yang asin dan juga pastinya khas. Di Jawa Timur sendiri, petis jadi pelengkap dari berbagai makanan khas.

Jawa Timur jadi kawasanyang identik sekali dengan makanan petisnya. Di bawah ini adalah kuliner serba petis khas dari Jawa Timur.

Makanan Serba Petis Khas Jawa Timur

  • Soto Campor Madura

Soto campor bosa kamu temukan di Kebonagung, SUmenep. Kuliner ini adalah perpaduan soto dengan rujak. Bedanya, kuah soto campor memakai cabe dan santan yang sudah dihaluskan. Tidak lupa tambahan petis khas Madura membuat rasa kuahnya begitu legit.

  • Lontong Balap Surabaya

Lontong balap asli Surabaya ini berisi taoge rebus, lontong, tahu goreng yang dipotong kecil, lentho serta kuah lontong bumbu sambal petis. Lontong balap biasanya disantap dengan sate kerang.

  • Lontong Kupang Surabaya

Lontong Kupang sangat populer di Surabaya, Pasuruan, dan Sidoarjo. Kupang adalah kerang putih berukuran mirip biji kedelai. Kerang satu ini bisa ditemukan di kawasan perairan Jatim. Kupang dikupas lalu dimasak serta disajikan dengan lentho dan lontong, selanjutnya diberikan kuas petis dan perasan jeruk nipis.

  • Tahu Telur Surabaya

Tahu telur diisi dengan potingan tahu yang sudah digoreng bersama telur. Tahu telur akan terlihat sedikit mirip dengan dadar telur yang didalamnya ada tahu. Kemudian, tahu telur ini ditambahkan sayur seperti tauge serta potongan mentimun. Lalu diatasnya dilumuri petis, kecap, dan bumbu kacang.

  • Tahu Tek Lamongan

Tahu tek adalah tahu yang sudah digoreng dan juga lontong. Mereka dipotong menggunakan garpu dan gunting yang akan menimbulkan bunyi “tek, tek”. Kuliner ini dilengkapi dengan kentang goreng, telur, irisan mentimun, dan tauge. Kemudian tahu tek disiram menggunakan saus kacang dan petis.

  • Rujak Lontong

Rujak Lontong adalah kuliner legendaris asal Banyuwangi. Makanan satu ini berisi tauge, lontong, tahu putih, kacang panjang, mentimun, dan sayur lainnya. Lontong dan sayuran Judi Online dicampur bumbu rujak.

Nah, bumbu rujak lontong ini terbuat daripetis, asam jawa, terasi, garam, gula merah, cabai, dan kacang tanah. Kemudian, rujak lontong diaduk sampai bumbunya merata dan disajikan dengan kerupuk.

  • Rujak Cingur

Cingur, dalam bahasa Jawa adalah mulut. Dinamai cingur lantaran rujak ini berisikan moncong sapi yang sudah direbus serta dicampurkan dengan sayur dan buah.

Rujak ini disajikan juga dengan tempe, tahu, dan lontong. Bumbunya terbuat dari gula merah, petis udang, cabai, bawang goreng, kacang tanah, garam, serta irisan pisang biji yang masih muda.

  • Rujak Petis Madura

Makanan serba petis khas Jawa Timur dalam daftar ini yang harus kamu cobain ialah rujak petis asli Madura.  Sejumlah daerah yang juga memiliki kuliner rujak petis ialah Ponorogo dan Situbondo.

Biasanya, rujak petis dibuat dari irisan bengkuang, mentimun, kedondong, mangga muda, kangkung, tauge, dan tahu. Seluruh bahan tersebut disajikan menggunakan siraman bumbu dari olahan petis, kacang tanah yang sudah digoreng, cabai, gula merah, garam, bawang goreng, air, dan tidak lupa yang cukup penting adalah irisan pisang muda.