Kuliner Khas Timur Tengah Paling Populer di Indonesia

Culinary-tourism – Makanan Timur Tengah terdiri dari berbagai jenis masakan, namun benang merahnya ialah campuran rempah. Rempah yang semarak ini membantu membuat kuliner dengan rasa dalam sekaligus kompleks. Di Indonesia sendiri, banyak sekali perkembangan makanan Timur Tengah yang disantap sebagai jajanan ataupun makanan utama. Apa saja? Berikut adalah kuliner khas Timur Tengah yang populer di Indonesia.

Satu hal yang jelas dari makanan khas Timur Tengah ialah seluruh masakannya halal. Untuk kamu yang mempunyai pantangan saat bersantap, tak perlu ragu mencoba makanan Timur Tengah ini.

Kuliner Khas Timur Tengah yang Terpopuler di Indonesia

  • Kebab

Siapa sih yang tak mengenal Kebab? Kamu dapat menemukan makanan satu ini dengan sangat mudah di dekat rumah. Kuliner asli Timur Tengah ini berbahan dasar roti khusus kebab dan diberi isian daging sapi panggang ataupun daging kambing, sayuran, saus khusus, dan irisan bawang bombai.

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, cara menyajikan kebab di Indonesia dan negara asalnya sedikit berbeda. Jika di sini, rotinya langsung disajikan dengan dirangkap, kalau di Timur Tengah, roti dan daging kebab akan disajikan secara terpisah.

  • Nasi Kebuli

Nasi Kebuli termasuk kuliner asli Timur Tengah paling dikenal di Indonesia. Kamu bisa juga menemukannya dengan mudah. Nasi Kebuli merupakan nasi gurih lalu diberi kaldu kambing, potongan daging kambing, susu kambing, dan tentu saja terdapat rempah. Kuliner ini disajikan dengan banyak jenis pelengkap, misalnya sambal, kismis, dan acar.

  • Falafel

Falafel adalah makanan khas dari Timur Tengah paling populer dan enak lainnya yang dapat kamu coba. Makanan ini terbuat dari campuran bumbu khas dari Timur Tengah, tepung terigu, dan kacang arab. Selepas bahan tercampur, selanjutnya bakal diproses dengan cara digiling lalu dibentuk bulat lalu digoreng.

Biasanya, penyajian Falafel dibungkus oleh roti bentuk tipis [disebut dengan lafa]. Umumnya, Falafel bisa kamu nikmati bersamaan dengan berbagai isian seperti selada, asinan, saus yogurt, acar, dan saus peas.

  • Roti Maryam

Jika di Indonesia kita mengenal roti canai [khas Aceh], lalu di Timur Tengah terdapat roti maryam. Bahan yang dipakai supaya bisa membuat kuliner ini juga serupa Judi Slot dengan roti canai, yakni tepung terigu, mentega, dan telur.

Cara menikmati roti khas Timur Tengah ini juga khas, kamu bisa memilih toping yang sesuai selera. Jika kamu gemar makanan manis dapat memilih toping madu atau gula. Lalu untuk yang suka gurih dan asing dapat menikmati roti maryam dengan kuah yang sangat khas dari Timur Tengah.

  • Hummus

Hummus merupakan kuliner khas Timur Tengah paling populer di Indonesia berikutnya. Bentunya mirip bubur, atau boleh dibilang seperti saus cocol. Hummus berbahan dasar kacang arab.

Cara menikmatinya biasanya menggunakan roti. Untuk memperoleh cita rasa khas, kamu dapat mencocol rotinya kedalam hummus ini. Hummus tidak hanya dikenal di Indonesia, namun juga sering dimasukkan kedalam kuliner vegetarian di berbagai negara lain.

  • Katayef

Jika dilihat dari bentuknya, kuliner bernama Katayef ini mirip seperti pastel. Meski begitu, beda dengan pastel, Katayef ini mempunyai rasa yang cukup manis. Makanan khas asal Timur Tengah ini terbuat dari tegung terigu lalu diberikan kayu manis. Isinya ialah gula dan kacang kenari.

Ketika kamu sedang menikmati kuliner satu ini, rasa manis dan aroma kayu manis langsung dirasakan pada gigitan pertama. Seiring waktu berjalan, isian Katayef selalu berkembang. Kini, kamu dapat menemukan Katayef dengan isian custard susu, kurma, keju, dan lainnya.