Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Lansia

Culinary-tourism – Ibarat mesin, manusia juga akanmengalami penurunan fungsi organ seiring dengan usianya yang bertambah. Hal itu membuat mereka yang semakin menua harus lebih berhati-hati dengan apa yang mereka makan. Kalau sembarangan, kamu akan terserang beberapa penyakit. Kemudian, apa saja makanan yang tak boleh dikonsumsi lansia? Berikut ulasannya.

Umur yang semakin tua mengakibatkan metabolisme tubuh jadi lebih lambat. Hasilnya, lansia akan mengalami penurunan selera makanan serta jumlah asupan makanan kedalam tubuh juga lebih sedikit.

Meski demikian, lansia perlu menjaga asupan makanan dengan bagus untuk memenuhi keperluan gizi tubuh. Hal itu dilakukan supaya mereka tak mudah terserang penyakit berbahaya.

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Lansia

  • Susu yang Tak Dipasteurisasi

Susu yang tak dipasteurisasi seringkali disebut sebagai minuman yang sehat lantaran kadar mineral yang masih utuh. Tapi, lansia wajib menghindari minuman saru ini, pasalnya susu yang tak melewati proses ini memiliki resiko mengandung bakteri yang lebih besar dari susu yang sudah dipasteurisasi.

  • Telur dan Daging Mentah

Beberapa orang menilai jika hidangan mentah merupakan makanan lezat, seperti telur ayam, ikan, dan daging merah. Tapi, ini bukanlah makanan yang disarankan dikonsumi untuk lansia, lantaran makanan ini belum terjamin kebersihannya.

Makanan yang tak benar-benar matang bisa mengandung bakteri jahat yang harusnya bisa musnah saat dimasak. Lalu, bakteri jahat itu bisa membuat kesehatan para lansia menjadi terganggu.

  • Kafein

Kafein juga tak hanya membuat orang sulit untuk tidur nyeyak, namun juga bisa meningkatkan kecemasan serta membuat jantung manusia berdetak lebih kencang atau tak beraturan.

Hal ini akan lebih berbahaya kalau lansia mempunyai gangguan jantung. Selain minuman seperti kopi, kafein juga dapat ditemukan di beberapa makanan lainnya, seperti coklat, teh, beberapa obat [termasuk obat pereda rasa nyeri], atau minuman bersoda.

  • Makanan Tinggi Sodium

Makanan yang tak boleh dikonsumsi lansia berikutnya adalah makanan yang tinggi sodium. Terlalu banyak mengkonsumsi garam juga dapat menjadi masalah untuk lansia, khususnya kalau kamu mempunyai riwayat darah tinggi. Kalau makanan yang dikonsumsi kurang gurih, cobalah untuk menambahkan beberapa jenis rempah dan bumbu alami ketimbang menggunakan garam saja.

Selain itu juga, pastikan untuk meninjak kandungan natrium di label nutrisi. Menurut ahli, lansia yang berusia diatas 71 tahun wajib membatasi asupan nutrium, yakni tak lebih dari 1,2 gram /hari.

  • Makanan Rendah Lemak

DI beberapa media, ajakan untuk memerangi lemak sudah berjalan lama. Akhirnya, tak sedikit pihak yang betul-betull menghindari lemak agar bisa menjaga kesehatan.

Apalagi, menghindari kuliner Agen Slot dengan lemah [yang sehat] bukan hal yang dianjurkan. Lemak sehat, seperti halnya yang ditemukan di minyak zaitun, kacang, dan ikan, mempunyai fungsi untuk melindungi jantung.

Selain itu juga, lemak sehat bisa membantu lansia supaya terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih kandungan nutrisi yang didalamnya terkandung lemak sehat. Nah, lemak sehat ini akan memberi perlindungan untuk sendi, otak, dan menjadi cadangan energi tubuh.

  • Minuman Manis dan Soda

Minuman bersoda yang dicampur dengan es akan terlihat menggoda kalau cuaca sedang panas-panasnya dan kamu merasa sangat haus. Tapi, minuman soda serta banyak minuman [penambah stamina] lainnya mengandung gula cukup banyak. Seporsi minuman cola mengandung 40 gram gula pada 1 porsi 12 ons, yang dimana ini setara dengan nyaris 10 sdt gula.

Kalau lansia mengidap prediaberes, teratur mengkonsumsi minuman ini bisa meningkatkan gula darah serta meningkatkan resiko munculnya diabetes.