Tempat Makan Paling Enak di Jombang

Tempat Makan Paling Enak di Jombang

Culinary-tourism – Jombang salah satunya kota yang di propinsi Jawa Timur. Kota yang dikenali sebagai kota santri. Bagaimana tidak disebutkan kota santri, di Jombang ada beberapa ponpes besar dan tua di Indonesia. Salah satunya figur yang selalu dihubungkan dengan Jombang ialah Gus Dur (Presiden RI Ke-4). Jombang sebagai salah satunya kota transit atau umum dilalui saat arus mudik datang. Bila Sahabat Moco menyaksikan peta, Jombang ada pas di tengahannya lajur selatan. Hingga Jombang biasa dibikin tempat istirahat saat ada di satu perjalanan.

Nah Sahabat, bila Anda akan istirahat dan sambil berkuliner di kota Jombang. Kami memberinya anjuran kulineran apa di Jombang yang nikmat. Berikut tempat rekreasi kulineran di Jombang.

1. Rawon Rasobo Mojoagung

Sahabat apa Anda mengenali kulineran yang namanya Rawon? Rawon sebagai salah satunya makanan yang unik di Jawa Timur. Nah di Jombang ada rawon legendaris yang dikenali oleh beberapa warga terutamannya yang melalui lajur selatan persisnya di kota Jombang. Rawon rasobo dikenali nikmati dengan rasa yang unik dan dikenal juga dengan empal jumbonya.

Rawon Rasobo berada di wilayah Mojoagung, persisnya ada di taman Mojoagung. Sahabat harga waron Rosobo dibanderol pada harga yang lumayan murah. Pada harga cuman Rp. 25.000 Sahabat sudah bisa menikmati 1 jatah rawon rosobo dengan empal jumbonya.

2. Nasi Kikil Bu Tandur

Sahabat kulineran Jombang yang ke-2 ialah nasi kikil. Beritanya jika nasi kikil ini ialah nasi kikil favorite dari bekas Presiden RI keempat yaitu Gus Dur. Saat beberapa pelancong berekreasi di pusara Gus Dur, umumnya akan berkunjung di warung nasi kikil ini. Nasi kikil itu umumnya diketahui dengan panggilan Nasi Kikil Bu Tandur.

Nasi kikil Bu Tandur berada di wilayah Mojosongo kecamatan diwek. Nasi kikil itu dalam penyuguhannya benar-benar khusus yaitu memakai daun pisang sebagai alas dari nasi kikilnya. Nasi kikil Bu Tandur dibanderol pada harga yang cukup dapat dijangkau yaitu Rp. 15.000 – Rp. 20.000.

3. Bakso Mama

Di Indonesia tidak disangsikan bila warga Indonesia telah mengenali kulineran bakso. Bakso adalah makanan paling favorit di Indonesia. Bahkan juga salah satunya presiden di Amerika Serikat menyenangi makanan bakso. Bicara mengenai kulineran bakso, di kota Jombang ada bakso yang cukup populer. Selainnya populer, bakso itu dirasakan cukup nikmat rasanya. Bakso Mama, demikianlah warga Jombang mengatakan. Berada di jalan Panglima Sudirman nomor 161 yang umum disebutkan “buk miring”.

Pada harga yang dapat dijangkau, Sahabat bisa rasakan cita-rasa bakso yang unik. Bakso Mama dibanderol pada harga Rp. 10.000 jayah normal dan yang jumbo Rp. 16.000.

4. Sate Kampret

Jombang tentu akrab dengan istilah sate ‘kampret’. Sesuai julukannya, rupanya sate kampret itu dipunyai oleh orang bola pelangi yang namanya sama yaitu Jumain Kampret. Sate Kampret baru membuka saat malam hari sekitaran jam 21.00 wib. Sate kampret ini berada disekitaran barat pasar legi Jombang. Keunikan dari sate kampret ini adalah satenya dibuat dari daging sapi dan rasanya cukup pedas.

Harga dari sate kampret ini cukup dapat dijangkau yaitu Rp. 18.000 dengan jatah sate 3 tusuk dan Rp. 25.000 jatah sate 5 tusuk. Setiap tusuk sate kampret ini dikenali cukup jumbo dari ukuran sate biasanya. Dan sate kampret ini dapat digabungkan dengan pecel atau lodeh.

5. Sego Lodeh Mbok Semah

Kulineran yang hits sekarang ini di Jombang ialahSego Lodeh Mbok Semah. Sego lodeh Semah ini dipunyai oleh nenek tua yang umum di undang mbok semah. Nasi lodeh ini dikenali sebagai dambaan rakyat jelata sampai petinggi. Disebutkan nasi dambaan rakyat jelata sampai petinggi, dari harga dari nasinya sendiri cukup dapat dijangkau untuk tiap kelompok. Pada harga termurah yaitu Rp. 10.000 Sahabat bisa melahap makanan ciri khas Jombang ini.

Sego lodeh Mbok Semah ini berada di dusun dukuhlopo kecamatan Peterongan. Tempatnya cukup masuk ke kampung-kampung, jadi tempat merecomendasikan untuk browsing saja di Google map dan ikuti tutorialnya. Nah 5 kulineran ciri khas Jombang itu yang dapat direfrensikan. Sebetulnya ada banyak yang cukup nikmat di wilayah Jombang, contoh nasi goreng pak topah, tahu campur Mojoagung dan sebagainya.