Kuliner Khas Sumut yang akan Menggugah Selera

Culinary-tourismKuliner khas Sumatera Utara terdapat berbagai makanan berat sampai jajanan yang lezat. Selain makanan berat yang tentu saja dapat dimakan, kamu juga dapat menjadikan jajanan asli Sumatera Utara menjadi oleh-oleh, contohnya Bika Ambon yang terkenal di seluruh Indonesia.

Makanan khas dari Sumatera Utara tentu saja wajib kamu coba ketika berkunjung kesana. Terlebih lagi Medan yang menjadi ibu kota provinsi menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia yang seringkali dikunjungi.

Hal itu tentunya tak lepas dari potensi kuliner dan wisata yang dimiliki oleh Sumatera Utara. Berikut adalah beberapa makanan kuliner asal Sumatera Utara yang perlu kamu ketahui dan wajib dicobain.

Beberapa Kuliner Khas Sumatera Utara

  • Bika Ambon

Bika Ambon kali pertama diproduksi di Jl. Ambon, Medan dan terbuat dari beberapa bahan seperti santan, gula, dan telur. Kuliner yang satu ini memang dikenal luas di tanah air.

Selepas semua bahan dicampur, bahan ini bakal difermentasi selama 7 jam dengan dicampur air nira. Nah, sensasi air ini yang membuat bika ambon sangat khas.

  • Anyang Pakis

Anyang Pakis adalah makanan khas asal Sumatera Utara berikutnya, tepatnya di kabupaten Asahan. Kuliner ini terbuat menggunakan pakis yang dimasak bareng kelapa sangrai serta bumbu seperti kencur, bawang merah, serai, cabai merah, dan daun jeruk.

Dilihat sekilas, tampilan Anyang Pakis hampir mirip seperti urap Jawa, tapi yang membedakan ialah pemakaian kelapa sangrai yang sedikiti mirip serundeng.

  • Mie Gomak

Biasanya, mie yang direbus dibuat secara terpisah dengan sambal dan kuahnya. Meskipun banyak jenis untuk membuat kuliner khas Batak ini, ada juga yang memakai kuah kemudian dibuat seperti halnya mie goreng. Rasanya pun unik jika mie gomak ini dicampur bumbu asli tanah Batak, yaitu andaliman.

  • Lontong Medan

Biasanya Lontong Medan disajikan sebagai Judi Slot menu sarapan. Hampir seluruh orang di Medan sangat menyukai kuliner khas asal Sumatera Utara yang satu ini. Kuliner ini terdiri dari sayur santan, lontong, serta sambal dengan tambahan seperti bumbu kacang, tauco, dan teri. Rasa gurih Lontong Medan akan membuat kamu ngiler.

  • Naniura

Naniura merupakan kuliner khas dari Batak yang asalnya dari Tapanuli, kuliner ini terbuat dari Dengke Mas ataupun Ikan Mas yang sudah diberi garam. Makanan ini adalah penyajian lauk pauk yang pembuatannya tidak dimasak, digoreng, direbus atau semacamnya, sebab Naniura di bahasa Batak berarti ikan yang tak dimasak.

Ikan mentah ini disajikan menggunakan bumbu lengkap sehingga yang bakal membuat ikan itu lebih lezat tanpa dimasak. Artinya, bumbu-bumbu inilah yang memasak ikan tersebut, kalau di Jepang mirip Sashimi.

  • Soto Medan

Soto yang mempunyai ciri kuah santan warna kuning dan kental ini memang menarik. Tidak hanya di Medan, bahkan soto ini terkenal di banyak kota Indonesia. Tinggal kamu yang perlu memvariasikannya, ingin menggunakan daging ayam, sapi, atau udang, terserah.

  • Lapet serta Ombus-Ombus

Kuliner khas Sumatera Utara terakhir di daftar ini ialah Lapet serta Obu-Ombu. Makanan ini merupakan jajanan khas dari Batak yang asalnya dari Tapanuli. Biasanya jajanan ini dibentuk hampir mirip dengan limas serta dibungkus menggunakan daun pisang.

Cara pembuatannya pun juga tak terlalu sulit. Dimulai kelapap parut yang tak terlalu tua, tepung beras, kemudian dicampur sampai merata. Menyusul parutan gula aren, serta air secukupnya saja. Setelah rata ke seluruh adonan, lalu dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang.