Rekomendasi Makanan Legendaris Tuban

Culinary-tourism – Wisata kuliner khas Tuban menjadi tujuan alternatif ketika liburan. Berada di dekat pantai, membuat daerah wisata Tuban dipenuhi dengan pantai yang sangat indah. Tentu saja tidak lengkap liburan ke beberapa wisata di Tuban tanpa mencicipi makanan daerah yang akan menggugah seleramu. Berikut adalah beberapa makanan legendaris Tuban yang wajib kamu coba.

Bahkan, sejumlah wisata makanan Tuban cukup terkenal dan legendaris. Tuban dikenal dengan cita rasa pedas pada tiap masakannya. Salah satu masakan Tuban yang begitu dikenal ialah Belut Pedas.

Kuliner Tuban yang melegenda juga mempunyai rasa sangat khas. Tentunya hal ini jadi alasan wisatawan dan masyarakat untuk mencicipi kuliner khas Tuban. Tidak sedikit juga wisatawan yang singgah ke Tuban hanya untuk mencoba kulinernya saja.

Beberapa Makanan Legendaris Tuban

  • Belut pedas

Untuk pecinta belut, tentunya kuliner satu ini tidak boleh sampai dilewatkan. Belut pedas adalah makanan Tuban yang begitu terkenal di kalangan masyarakat. Sebelumnya, belut yang sudah dibersihkan bakal digoreng sampai kering lalu diberi bumbu pedas. Olahan belut pedas ini biasanya disajikan menggunakan nasi jagung untuk menambahkan cita rasanya.

  • Ampo

Salah satu makanan khas Tuban yang tergolong unik adalah Ampo. Ampo adalah suatu jajanan yang melegenda untuk warga Tuban. Karena, kuliner ini terbilang sangat unik lantaran dibuat memakai tanah liat. Ampo biasanya disajikan sebagai pendamping kopi atau teh.

  • Kari Rajungan

Salah satu kuliner asal Tuban yang tidak boleh terlewatkan adalah Kari Rajungan. Rajungan adalah jenis kepiting berukuran kecil serta gampang kamu temukan Agen Slot di tepi pantai. Menu yang satu ini mempunyai cita rasa pedas dan juga gurih.

Metode memasa kuliner kari rajungan juge cenderung lebih tradisional, yakni dengan memakai kayu bakar. Kari rajungan cocok sekali disajikan dengan nasi hangat dan juga sambal.

  • Dumbek

Selain Ampo, ada lagi jajan tradisional yang lumayan legendaris dari Tuban, yaitu Dumbek. Dumbek adalah wisata kuliner asal Tuban dan memiliki cita rasa gurih dan juga manis.

Karena, jajanan yang satu ini dibuat dari gula merah, santan, daun pandan, tepung beras, garam, dan parutan kelapa. Jajanan satu ini biasanya mudah dijumpai di pasar dengan harga yang begitu terjangkau.

  • Becek Menthok

Becek Menthok adalah salah satu dari kuliner asal Tuban yang mempunyai cita rasa lumayan kuat. Karena pengolahan becek menthok dengan bahan dasar menthok satu ini memakai cukup banyak rempah dan bumbu.

Cara memasak kuliner ini tidak terlalu sulit sebenarnya. Sebelumnya selepas dibersihkan, kamu tingga mengungkep menthok dengan campuran ketumbar, daun jeruk, kunyit, bawang putih yang sudah dihaluskan sampai empuk.

Lalu tumis daun jeruk, jahe, ketumbar, kunyit, cabe, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, jangan lupa lengkuas. Setelahnya, masukkan menthok yang sudah direbus serta tambahkan santan dan garam secukupnya. Masak sampai mendidih. Becek menthok biasanya disajikan dengan sate menthok dan nasi hangat.

  • Opor Mak Mbing

Makanan legendaris Tuban yang terakhir adalah Opor Mak Mbing. Nah, kuliner yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Opor ini akan disajikan memakai resep kuno, dijamin kalau resep ini akan membuat kamu sangat ketagihan saatmenyantapnya.

Jika biasanya opor disajikan dengan warna pucat, lain halnya dengan Opor Mak Mbing ini karena mempunyai warna kuning sedikit kemerahan. Sebelum disajikan, bakar ayamlebih dulu. Opor ini akan terasat gurih dan pastinya lezat. Kamu dapat menemukan kuliner ini di Jl, Kemuning, Tuban.