Rekomendasi Makanan Cirebon Paling Terkenal

Culinary-tourism – Jika kamu berwisata ke Cirebon, wajib hukumnya mencoba makanan khas Cirebon yang paling terkenal. Masakan asal kota Wali ini terkenal memiliki cita rasa yang lezat, enak, dan juga bikin nagih. Berikut adalah beberapa makanan Cirebon paling terkenal yang wajib dicoba.

Kebanyakan makanan Cirebon rasanya manis, asam, dan gurih. Untuk mencoba kuliner disini, kamu dapat menemukannya di jalanan kota, pasar, ataupun didekat lokasi wisata. Harganya juga murah, dan terjangkau oleh pelancong.

Makanan Cirebon Paling Terkenal

  • Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan Cirebon yang sangat terkenal, bahkan hingga diluar daerah. Kuliner ini terbuat dari tahu kosong atau tahu pong yang dipotong, lalu diguyur memakai kuah cuka serta gabungan cabe serta bumbu lain.

Tahu Gejrot memang khas dengan rasa manis pedas dan asam. Kalau ingin menyantap makanan ini, tak harus bersusah mencarinya. Pasalnya Tahu Gejrot banyak kamu temukan di sekitar jalanan kota, pasar, lokasi wisata, ataupun di sentra oleh-oleh Cirebon.

  • Empal Gentong Haji Apud

Kuliner ini adalah salah satu masakan Cirebon yang dikenal dan harus kamu cobain. Tempatnya menyajikan beberapa jenis menu empal gentong. Bahkan daging empal gentong ini sangat empuk.

Tidak hanya empal gentong saja, di lokasi makanan Cirebon yang sangat terkenal ini juga ada menu seperti empal asem. Rasa kuahnya juga menyegarkan, beda dengan empal gentong yang memakai kuah santan. Kamu dapat menikmati kuliner ini memakai nasi dan lontong.

  • Es Cuwir

Cuing atau Cuwing ialah sebutan buat cincai yang dibuat tradisional menggunakan daun cincau hijau. Es Cuwing mempunyai kuah santan dengan lebih pekat ditambah Judi Slot gula merah dan sirup. Terkadang dilengkapi dengan kelapa muda, susu kental manis, dan cendol sagu.

  • Mi Koclok Mang Sam

Mi Koclok Mang Sam adalah makanan Cirebon yang umurnya setengah abad lebih. Seporsi mie ukuran besar diguyur kuah bersantan sehingga rasanya pun gurih. Selain mie koclok ini, kuliner lain seperti gado-gado juga tidak kalah menggoda. Selepas diberi bumbu kacang, makanan ini disiram menggunakan kuah dari mie koclok.

  • Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur adalah kuliner cirebon yang terkenal dari dulu serta selalu ramai dengan pengunjung. Senada dengan namanya, lokasi kuliner Cirebon ini menyediakan sajian utama seperti nasi jamblang.

Kuliner ini adalah nasi yang diberi alas daunjati. Lauknya, terdapat beberapa jenis masakan, seperti perkedel, cumi hitam, otak sapi goreng, sate kentang, dan lain-lain. Nasi jamblang terkenal dengan aroma wanginya.

  • Gado-Gado Ayam

Tersedia gado-gado ayam yang termasuk makanan Cirebon lantaran keunikannya. Makanan satu ini memakai beberapa bahan yang serupa dengan gado sayuran, yakni lontong, telur, tauge, mentimun, tahu, kerupuk kanji, emping, serta kentang. Namun masih ditambah lagi bawang goreng, suwiran ayam, serta kuah kuning mirip opor.

  • Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno adalah salah satu makanan Cirenon yang paling terkenal. Nasi Lengko ini dapat menjadi opsi menu makan siang untuk kamu vegetarian. Sepiring nasi yang ditambahkan tempe, tahu, potongan mentimun segar, tauge rebus, serta taburan daun kucai kemudian disiram memakai bumbu kacang bakal mengenyangkan perut.

  • Sate Kalong

Makanan Cirebon paling terkenal terakhir dalam daftar ini adalah Sate Kalong. Meski namanya sate kalong, makanan ini tak terbuat dari daging kalong [kelelawar].

Sate kalong malah dibuat memakai daging kerbau. Pada penjual date kerbau menjajakan masakan ini ketika malam tiba. Oleh sebab itulah disebut ‘sate kalong’.