Daftar Sup Terbaik Dunia Menurut CNN

Culinary-tourism – Berbagai negara mempunyai versi sendiri sup yang dilengkapi bahan-bahan serta cita rasa berbeda. Bahkan kekayaan kuliner ini dirangkam pada daftar sup terbaik dunia versi CNN.

Sup identik sekali dengan makanan berkuah dan dibuat menggunakan kaldu ditambah berbagai bumbu untuk penyedap alami. Makanan ini semakin menggugah selera jika ditambahkan dengan lauk serta sayuran sebagai pelengkap.

Menariknya lagi, salah satu sup terbaik di dunia itu berasal dari Indonesia. Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip CNN Travel.

Daftar Sup Terbaik Dunia edisi CNN

  • Bheef Pho [Vietnam]

Pho dibuat menggunakan kaldu direbus berjam-jam memakai star anise serta berbagai rempah hangat lain. Pemilihan bahan itu tak lain untuk menemukan dasar aromatik yang baik dalam sup mie beras satu ini.

Meskipun kini resporan pho menyajikan banyak rasa, tapi pho daging sapi menjadi sajian asli. Pada tahun 1930 silam, penulis The Pho Cookbook bernama Andrea Nguyen mengatakan sup ini disajikan memakai irisan daging sapi mentah dan dimasak secara lembut didalam kaldu.

  • Caldo Verde [Portugal]

Sup merupakan bintang makanan dari cafe kelas atas sampai dapur pedesaan, arti makanan rumahan nyaman. Pada banyak versi, sosis chourico Portugal yang lembut mampu menambahkan sedikit asin serta berasap yang membuatnya semakin enak.

  • Soto Ayam [Indonesia]

Sup dengan campuran ayam dan mie ini dilengkapi dengan berbagai rempah, mulai dari kayu manis, kunyit, daun jeruk, hingga serai. Paduan itu memunculkan rasa Situs Slot dan aroma khas ditambah lagi dengan telur rebus. Soto ayam Indonesia ditambah juga dengan jeruk nipis segar, taburan bawang goreng, lalu irisan cabai.

  • Menudo [Meksiko]

Menudo merupakan kulines asli Meksiko yang berisikan babat dan direbut dengan waktu sangat lama didalam kaldu bawang putih. Makanan ini jadi favorit di acara pernikagan serta pesta besar.

  • Chorba Frik [Tunisia, Libya, dan Aljazair]

Freekeh [gandum durum yang sudah dipanen saat masih hijau], menambah bobot serta makanan di sup Afrika Utara satu ini. Biji-bijian yang empuk mampu menyerap kaldu tomat beserta rempah aromatik rasanya itu bercampur dengan ayam rebus plus buncis, daging domba, kambing, atau sapi.

  • Bouillabaisse [Prancis]

Kuliner ini dimasak menggunakan minyak zaitun, saffron, tomat, bawang putih, dan fennel yang dipadukan dengan ikan laut segar. Resep paling otentik  wajib mencakup setidaknya 4 macam makanan laut dan dipilih melalui daftar yang mencakup kepiting dan monkfish.

  • Kharcho [Georgia]

Tkemali [saus tart plum] menambah rasa segar dan cerah dalam sup tradisional satu ini. Kharcho adalah salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Georgia yang terbuat dari plum mentah, rasa asamnya mampu menyeimbangkan kekayaan kacang kenari, lemak dari daging sapi yang dimasak kedalam sup.  Aromatiknya terbuat dari campuran rempah ketumbar, khmeli suneli, lada hitam, fenugreek, marigold, dan lain-lain.

  • Gazpacho [Spanyol]

Versi terklasik sup sayuran dingin, termasuk mentimun, tomat, minyak zaitun, dan bawang putih, ditambah dengan tepung roti basi. Orang dari Arab membawa gazpacho menuju Semenanjung Liberia sebelum orang Spanyol bisa mencoba tomat. Yang asli ialah campuran bawang putih, roti, serta minyak zaitun, kemudian ditumbuk memakai lesung serta dibumbui memakai cuka.

  • Tonkotsu Ramen [Jepang]

Sup terbaik dunia terakhir dalam daftar ini adalah tonkotsu ramen. Kuliner ini merupakan khas dari Prefektur Fukuoka pada bagian selatan pulau Kyushu. Meski kaldu menjadi bintang dari tonkotsu ramen, semangkuk porsinya tidak lengkap tanpa ditambahkan irisan daging babi serta jalinan mie yang sedikit keras pada bagian tengah.