Resep Soto Pak Rus Ciri khas Purworejo Mantap Jiwa

Culinary-tourism – Untuk kamu yang menyukai berekreasi terutamanya di wilayah selatan Jawa tengah, janganlah lupa untuk mencicip kulineran legendaris yang ini. Ya, kulineran ini namanya Soto Pak Rus yang disebut makanan ciri khas Kabupaten Purworejo.

Soto ini benar-benar disukai oleh beberapa pencinta makanan berkuah karena memakai ayam daerah yang mempunyai wewangian dan rasa yang unik. Judi Slot Disamping itu, bahan yang dipakai pun tidak susah untuk didapat, sehingga kamu bisa juga membuat sendiri di dalam rumah, lho.

Ingin tahu bagaimanakah cara membuat? Yok,langsung baca resep di bawah ini.

  1. Beberapa bahan yang dibutuhkan

Beberapa bahan:

1 ekor ayam daerah
2 liter air
1 liter santan kental
Mi soun rebus
Kecambah rebus
Daun bawang
Daun salam
Kol
Serai
Bahan bumbu lembut:

7 butir bawang merah
7 biji bawang putih
4 buah cengkeh
2 batas lengkuas
3 butir kemiri
2 cm kayu manis
2 cm kunyit
1 batas jahe
1 buah kapulaga
1/2 sendok teh bubuk pala
1/4 sdt jinten
1/4 sdt merica
1/4 sdt ketumbar
Garam seperlunya
Gula pasir seperlunya
Bahan pendamping:

1 butir telur rebus
Perkedel kentang
Sambal
Daun seledri
Bawang goreng

  1. Potong ayam selanjutnya rebus
    Cara yang pertama, persiapkan seluruh bahan. Selanjutnya, potong ayam jadi empat sisi. Kemudian, rebus ayam sampai teksturnya empuk dan masak.
  2. Mengoseng bumbu lembut
    Selanjutnya, lumatkan semua bumbu lembut, selanjutnya oseng dengan sedikit minyak sampai wangi. Kemudian, masukan tumisan bumbu lembut, tambah daun salam dan tangkai serai, lalu masak kembali sampai mendidih.
  3. Goreng ayam sampai garing
    Seterusnya, tuang santan kental. Masukan irisan daun bawang, lalu masak kembali sampai mendidih. Kemudian, goreng ayam sampai garing kecoklat-coklatan, lalu suwir-suwir.
  4. Suguhkan soto berbahan pendamping
    Untuk penyuguhannya, pertama persiapkan mangkok sajian, selanjutnya masukan mi soun, kol, kecambah, dan suwiran ayam. Kemudian, siram dengan kuah panas, lalu tambah bahan pendampingnya. Nach, Soto Pak Rus ciri khas Purworejo juga siap untuk disajikan.

Itu resep langkah membuat Soto Pak Rus ciri khas Purworejo yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Benar-benar gampang dan sederhana, kan? Ditanggung buat kamu suka, dech. Selamat mempraktikkan, ya.