Macam-Macam Streetfood Indonesia Yang Fenomenal

Culinary-tourism – Makanan atau jajanan yang dijual di pinggir jalan atau sering disebut dengan istilah streetfood memang sering kali membuat kita bernostalgia tentang kisah di masa kecil. Rasa nikmat dari macam-macam streetfood Indonesia ini juga tak lekang oleh waktu, dan masih sama hingga saat ini. Biasanya streetfood banyak dijajakan menjelang malam atau saat akhir pekan.

9 macam-macam streetfood Indonesia

Hingga saat ini jajanan streetfood masih mudah ditemui dan disukai oleh banyak orang.  Berikut macam-macam streetfood Indonesia yang tak lekang oleh waktu:

  1. Cilok

Jajanan khas dari wilayah Jawa Barat ini terbuat dari olahan tepung singkong yang disebut dengan istilah aci. Dari aci tersebut kemudian diolah lagi menjadi aneka jajanan lainnya, seperti cilok. Istilah cilok sendiri  memiliki arti aci dicolok. Biasanya Aci dibentuk secara bulat-bulat lalu diberi campuran bumbu kemudian direbus.

Biasanya para penjual cilok akan menyediakan bulatan-bulatan aci ini dalam kondisi yang masih hangat  karena terus dikukus. Cilok lebih enak jika dinikmati dengan saus kacang ataupun saus kecap. Biasanya untuk satu porsi cilok akan dimasukkan ke dalam plastik lalu kamu cukup mencolok nya menggunakan batang bambu yang tipis.

  • Cuangki

Biasanya para pedagang cuangki akan berjualan keliling dan hanya sekedar mampir beberapa saat saja di salah satu sudut jalan.  Cuanki sendiri bukanlah sebuah Judi Online singkatan maupun kependekan dari suatu nama makanan yang dijual tersebut, tetapi merupakan singkatan dari kata ‘cari uang jalan kaki’.

 cuanki merupakan menu makanan bakso sederhana yang ditambah dengan mie kuning atau bihun serta potongan seledri jika dinikmati ketika cuaca dingin.

  • Batagor

Lebih dari sekedar jajanan camilan yang tak batagor terkadang memberikan rasa kenyang memakan sepiring nasi. Pangsit goreng  yang berisi siomay yang rennyah, ditambah potongan bakso atau tah isi bakso kemudian dilengkapi dengan bumbu kacang. Istilah batako sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng.

  • Es doger

Jajanan serba pedas maupun asing enak jika diimbangi dengan yang manis dingin. Ya, palagi kalo bukan es doger perpaduan es serut dengan sagu mutiara, cincau hitam dan alpukat serta cendol. Es doger akan semakin mantap jika disajikan dengan siraman sirup frambos dan serta susu kental manis coklat 

  • Serabi

Serabi atau juga dikenal dengan surabi merupakan jajanan khas yang dari kata ‘sura’ yang artinya besar. Serabi telah menjadi makanan idola sejak tahun 1932.

 Tungku adalah cetakan dari tanah liat yang berbentuk melengkung layaknya mangkok .terdapat dua jenis ragi yang umum ditemukan,  serabi manis menggunakan kinca dan serabi asin. Namun kini serabi sudah dimodifikasi menjadi lebih modern dengan banyak pilihan rasa seperti serabi santan, serabi buah hingga serabi rasa durian.

  • Martabak manis

Siapa sih yang tidak kenal dengan martabak manis makanan yang  paling sering dijumpai  saat malam hari ini sangat cocok untuk acara kumpul bersama. Sesuai dengan namanya martabak manis memiliki rasa yang manis dan nikmat.  Martabak ini juga dilengkapi dengan berbagai varian mulai dari martabak manis keju, martabak coklat keju hingga sentuhan topeng-topeng modern seperti green tea atau red velvet

  • Telur gulung

Meskipun terlihat sangat sederhana nyatanya telur gulung memiliki banyak kenangan ketika kecil dan terbawa hingga dewasa saat ini. Jajanan telur gulung memang hanya telur yang kemudian digoreng di atas minyak panas dan digulung-gulung. Tetapi lebih enak jika dibeli di tukang telur gulung dibandingkan membuatnya sendiri. Sampai saat ini makanan telur gulung juga terus diminati oleh banyak orang.

  • Kue leker

Kue leker memiliki ciri khas berupa kulitnya yang sangat crispy dengan isi pisang di dalamnya. Kue leker terbuat dari adonan tepung terigu gula susu dan air lalu dituangkan ke atas wajan mini. Selanjutnya di bagian atas kue akan ditaburkan potongan pisang kecil-kecil gula pasir, coklat tabur, dan susu kental manis. Kemudian adonannya akan dilipat membentuk setengah lingkaran sehingga bisa disantap. Kue leker memiliki harga yang cukup murah sehingga banyak orang yang membelinya.

  • Kue cubit

Kue khas dari jakarta ini mudah sekali ditemukan di mana saja. Kue cubit berukuran cukup kecil yakni sekitar 4 cm saja dan dijual oleh para pedagang kaki lima di pinggir jalan seperti tempat-tempat umum sekolah hingga cafe-cafe dan mall. Kue cubit terbuat dari adonan tepung terigu dan susu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari baja. Dinamakan kue cubit karena saat membuat kue tersebut pedagang akan mencukupi cubit kue menggunakan alat pencapit.