Resep Soto Lamongan Anti Gagal untuk Pemula

Culinary-tourism – Soto Lamongan adalah salah satu kuliner khas Lamongan Jawa Timur. Soto lamongan identik dengan kuah bening dicampur Koya. Bagi kamu yang belum pernah membuat soto lamongan sebelumnya, resep soto Lamongan anti gagal dibawah ini dapat kamu coba.

Tips Membuat Soto Lamongan

Resep Soto lamongan pada dasarnya sangat mudah untuk di praktekan loh. Kunci lezatnya soto lamongan terletak pada Koya dan juga kuah soto. Untuk mendapatkan cita rasa Koya dan juga kuah soto yang lezat kamu dapat menirukan langkah-langkah membuat soto Lamongan yang terdapat pada artikel ini.

Langkah-Langkah Membuat Soto Lamongan

Agar soto lamongan yang kamu buat bisa terasa gurih sedap dan juga kuahnya lezat ikuti 7 langkah mudah membuat soto lamongan di bawah ini.

  1. Menggunakan kemiri

Penggunaan kemiri dalam membuat soto lamongan bisa membuat kuah soto menjadi sedikit kental. Kuah kental akan bisa menonjolkan rasa yang lebih sedap dan medok.

Meski demikian kamu tetap harus memastikan agar kuah soto tidak pecah atau berubah tekstur. Kuah soto yang bertekstur dapat mengurangi rasa lezat kuah soto.

  • Gunakan kunyit

Pada soto lamongan rempah kunyit bermanfaat untuk menambahkan aroma dan warna pada kuah soto. Penggunaan kunyit sangat penting karena soto lamongan tidak menggunakan susu dan santan untuk kuah. Warna kekuningan dari kunyit inilah yang akan membuat tampilan soto menjadi lebih menarik meskipun tidak menggunakan santan.

  • Jangan Lupa untung Sangrai semua bahan

Agar kuah soto tidak mudah basi salah satu kuncinya yaitu dengan sangrai semua bumbu seperti kemiri, kunyit dan ketumbar. Semua bumbu tersebut disangrai hingga kering atau cukup matang untuk kemudian dihaluskan bersama bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, lengkuas dan bahan lainnya.

  • Tulis bumbu sampai benar-benar matang

Setelah semua bumbu yang kamu Siapkan sudah disangrai dan dihaluskan maka tahap berikutnya adalah menumis bumbu. Setelah bumbu matang, semua bumbu tersebut kemudian dapat kau masukkan ke dalam rebusan kuah yang sebelumnya digunakan untuk merebus daging ayam.

  • Akan lebih lezat jika dicampurkan dengan ikan dan udang

Pada  beberapa resep soto lamongan menambahkan ikan dan udang dapat meningkatkan rasa lezat pada kuah soto. Ikan yang bisa kamu gunakan Judi Slot adalah ikan bandeng. Caranya

Caranya cukup mudah yaitu campur kan ikan bandeng dan juga udang ke dalam rebusan kuah daging ayam yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu bumbu.

  • Tambahkan koya

Tanpa menggunakan Koya soto lamongan kurang endul dan lezat. Kamu bisa menggunakan Koya yang sudah jadi atau membuatnya sendiri.

Untuk membuat Koya sangat mudah yaitu pertama haluskan kerupuk udang dengan bawang putih yang sudah digoreng. Ulek kedua bahan sampai halus. Jika ingin lebih gurih lagi kamu bisa menambahkan sedikit garam.

  • Gunakan ayam yang tepat dan sesuai

Ternyata penggunaan jenis ayam yang kurang tepat berpotensi pada lezatnya soto lamongan. Jenis ayam yang cocok digunakan an-nur untuk soto lamongan yaitu ayam kampung dan ayam petelur. Ayam kampung dan ayam petelur memiliki tekstur daging yang tidak mudah hancur sekaligus rasanya yang sedap.