Anera Makanan Unik Madura Selain Soto Madura

Culinary-tourism – Selain sate ayam dan bebek sinjay Madura yang berhasil memikat lidah Indonesia, ada juga soto Madura yang semakin eksis di pasar Kuliner Indoesia. Jika kita perhatikan banyak sekali warung makan atau warung tenda yang menjual soto Madura. Apasih enaknya soto Madura, Yuk simak artikel berikut ini. 

Ciri Khas Soto Madura

Kuliner dari Madura memang cukup dikenal oleh lidah kita, soto madura juga terkenal istimewa. Meski ada banyak versi soto madura namun soto madura tetap memiliki ciri khas yang membedakanya dengan soto dari daerah lain. Ciri khas soto Madura adalah isian dari sotonya, bagian sandung lemur yang dijadikan sebagai komponen inti dan disajikan dengan pelengkap lainya.

Keragaman Soto Madura

Soto madura memang mudah untuk ditemui bahkan di luar pulau Madura. Namun tahukah kamu bahwa banyak sekali versi soto Madura yang dijual ditempat asalnya. Yang paling unik dari versi soto Madura adalah soto rujak, jika kamu ingin tahu versi yang lain, berikut kami rangkum 6 versi soto Madura.

6 Versi Soto Madura

  1. 1.         Soto Pamekasan

Soto pamekasan berisi daging sapi atau ayam, dan soun. Soto ini disajikan dengan kuah bening serta cita rasa dari merica dan bawang putih yang cukup dominan. Yang menjadi ciri khas dari soto Pamekasan adalah isian kentang rebus atau perkedel kentang saat disajikan. Cukup menarik ya Judi Slot, tanpa nasi pun kamu sudah bisa mendapat asupan karbohidrat juga.

  1. 2.         Soto Sumenep

Serupa tapi tak sama, jika soto pamekasan menggunakan kentang sebagai isian soto, kini singkong rebus dipilih untuk menjadi isian soto Sumenep. Untuk isian soto Sumenep juga masih sama seperti soto Madura pada umunya. Soto khas Sumenep biasanya menggunakan daging sapi  namun tetap menyediakan daging ayam sebagai opsi lainya.

  1. 3.         Soto Rujak

Soto rujak juga disebut dengan soto Selingkuh. Ciri khas soto rujak adalah campuran bumbu kacang, petis, dan pisang muda yang diulek seperti bumbu rujak petis kemudian ditambahkan pada soto.  Soto rujak di Madura memiliki banyak nama seperti soto Bangkalan, soto Sabreng, dan soto campur.

  1. 4.         Kalsot

Kalsot merupakan perpaduan dari 2 jenis kuliner yaitu Kaldo (Kaldu kacang hijau) dan Soto. Kaldo dan soto dijadikan dalam satu porsi yang siap memanjakan lidah. Isian dari kalsot sendiri adalah daging sapi, kikil sapi, tulang sapi, dan tentu saja kacang hijau yang dijamin menghasilkan rasa yang khas dan patut kamu coba.

  1. 5.         Soto merah

Jika kamu sudah akrab dengan kuah soto yang berwarna kuning, kali ini ada soto merah di Madura. Warna merah dari soto ini deperoleh dari cabai merah yang dihaluskan bersama bumbu soto yang lain. Soto merah ini sangat cocok bagi kamu pecinta soto pedas.

  1. 6.         Soto Mata Sapi

Sensasi makan soto dengan topping mata sapi yang melotot dalam mangkukmu bisa kamu temui jika kamu memesan soto mata sapi. Kuah soto yang berwarna merah menjadikan soto mata sapi menjadi kuliner ekstrim khas Bangkalan Madura. Jangan lupa tambahkan lontong atau ketupat ya, agar kamu tidak terfokus pada mata sapi yang seakan melotot melihatmu makan.

Nah itu tadi versi soto yang ada di Madura. Banyak yang unik dan patut untuk kamu coba. Soal rasa sepertinya soto Madura sudah tidak perlu diragukan lagi. Yuk segera tulis di wishlist makanan incaranmu. Selamat makan.