Resep Kue Lapis Bunga Telang Kaya Manfaat

Culinary-tourism – Bunga telang yang namanya latin Clitoria ternatea ialah tumbuhan tipe polong-polongan yang tumbuh menjalar secara liar. Memiliki warna yang cantik dan pekat, bunga telang biasa dijadikan bahan warna alami. Disamping itu, bunga telang memiliki faedah untuk kesehatan, seperti memudahkan infeksi, turunkan gula darah dan ada banyak kembali.

Tetapi, siapa kira tanaman liar yang ini rupanya dapat dibuat jadi kudapan yang nikmat loh! kue lapis bunga telang misalnya. Ingin tahu? Yok, baca langkah pembikinannya di bawah ini.

  1. Beberapa bahan
    Lapis putih:

75 gr tepung tapioka
150 gram tepung beras
225 gr gula pasir (sama sesuai selera)
675 ml santan (kekentalan sama sesuai selera)
1/4 sdt vanili bubuk
1/4 sendok teh garam
1 helai daun pandan
Lapis biru (bunga telang):

75 gr tepung tapioka
150 gram tepung terigu
225 gr gula pasir (sama sesuai selera)
525 ml santan (kekentalan sama sesuai selera)
2 sdm fiber creme
1/4 sdt vanili
1/4 sendok teh garam
1 helai daun pandan (potong)
35-40 kuntum bunga telang
150 mililiter air rebusan bunga telang
155 ml air

  1. Rebus santan
    Rebus santan dan daun pandan yang sudah dipotong, lalu lebih garam. Rebus sampai nyaris mendidih. Apabila sudah mendidih pinggirkan.
    Seterusnya rebus bunga telang dan daun pandan. Apabila sudah mendidih pinggirkan. Anda bisa juga memendamnya memakai air mendidih.
  2. Tuangkan dan kukus adonan lapis putih
    Tuangkan adonan lapis putih dan lapis biru di dua tempat berlainan. Aduk sampai rata sampai gula terlarut. Apabila sudah terlarut saring.
    Seterusnya persiapkan loyang, oleskan minyak. Panasi kukusan sampai airnya mendidih, lalu masukan loyang.
    Aduk adonan lapis putih, lalu tuangkan 170 ml adonan lapis putih ke dalam loyang, lalu tutup panci yang dialasi lap yang bersih. Kukus sampai sisi atas adonan masak atau mungkin tidak basah.
  3. Tuangkan dan kukus adonan lapis biru
    Bila adonan lapis putih sudah masak, lalu tuang 170 ml adonan biru. Janganlah lupa aduk adonan lapis biru lebih dulu saat sebelum dituang ke adonan lapis putih.
    Tutup panci dan kukus sampai susunan sisi atas masak. Tuangkan secara berganti-gantian lapis putih dan lapis biru, sampai loyang penuh dan kukus sampai masak atau susunan sisi atas tidak basah kembali. Apabila sudah masak, angkat dan dinginkan.
  4. Sisir dan suguhkan
    Bila kue lapis telah dingin, keluarkannya dari loyang dengan berhati-hati. Bila loyang memiliki ukuran besar, Anda dapat menyisirnya sesuai dengan selera. Bila loyang memiliki ukuran kecil, Anda tak perlu menyisirnya.
    Simpan di tempat sesuai dengan selera. Kue lapis bunga telang juga siap suguhkan. Anda bisa juga menghiasinya memakai bunga telang, supaya kue lapis Judi Slot kelihatan fresh saat dicicipi.
    Mempunyai struktur yang halus di mulut, kue lapis bunga telang ini pas dikonsumsi dengan satu cangkir kopi atau teh hangat pada sore hari dengan keluarga.