Kuliner Unik Pecel Rawon Santapan Lezat

Culinary-tourism – Pecel dan Rawon sudah kita kenal sebagai santapan yang mantap sejak dulu. Kedua makanan ini sama-sama berasal dari jawa timur. Pecel kerap dijadikan pilihan untuk santap pagi, sedangkan rawon adalah makanan berkuah yang cocok disantap ketika siang hari.

Jika kamu menemui warung pecel rawon di Banyuwangi, bukan serta merta warung tersebut hanya menyediakan pecel dan rawon dengan piring terpisah. Kuliner unik pecel rawon khas dari Banyuwangi menyajikan pecel sayuran dan rawon daging dalam satu piring.

Pecel Dan Rawon

Pecel dan rawon pada dasarnya adalah 2 jenis makanan. Pecel merupakan makanan khas jawa timur dimana terdapat nasi dilengkapi dengan sayur rebus kemudian disiram oleh bumbu kacang. Pecel biasanya dilengkapi dengan acar mentimun, toge, petai cina, dan kemangi. Nasi pecel juga biasa dinikmati dengan tempe goreng, peyek, krupuk, dan yang lainya.

Rawon sendiri adalah makanan yang mirip dengan soto namun berwarna hitam. Warna hitam dari rawon didapat dari salah satu bumbu rawon yaitu keluwak. Isian pada rawon adalah daging sapi, diajikan dengan sambal tomat dan dengan taburan toge dan bawang goreng. Dengan Situs Slot segala isi dan kuahnya yang menggoda makanan yang satu ini bisa menggugah selera makan kamu loh.

Filosifi Kuliner Unik Pecel Rawon Banyuwangi

Ide menggabungkan pecel dan rawon dalam satu piring kini dikenal dengan pecel rawon. Konsep pecel rawon sama seperti rujak soto yang ada di Madura. Menurut masyarakat Banyuwangi pecel rawon memiliki makna keterbukaan masyarakat di Banyuwangi. Keterbukaan tersebut tercermin dari ekspresi kuliner yang terbuka, seperti menggabungkan pecel dengan rawon.

Keunikan Kuliner Pecel Rawon Banyuwangi

  1. Bumbu Kacang dan Kuah Rawon

Pada umunya jika ingin menambahkanrasa pedas pada rawon kamu menggunakan sambel tomat, maka kali ini berbeda. Karena menu ini adalah pecel rawon maka untuk dapat menambah cita rasa pedas menggunakan bumbu kacang. Perpaduan antara bumbu kacang dengan kuah rawon menghasilkan rasa yang khas dan mantap.

Bumbu kacang yang digunakan untuk pecel rawon pun memiliki kriteria khusus. Untuk mempertahankan rasa pedas bumbu kacang karena terguyur kuah rawon, maka dipilihlah cabe rawit merah. Dengan begitu cita rasa gurih kuah rawon, serta pedas manisnya bumbu kacang dapat berpadu secara sempurna.

  • Pelengkap Pecel Rawon

Dalam menghidangkan pecel rawon sebagian warung makan di Banyuwangi menyajikanya tanpa daging. Namun jika ada yang memesan daging biasanya juga sudah disiapkan irisan daging dan irisan paru. Sebagai lauk pelengkap tidak beda jauh dengan lauk pecel pada umunya, yaitu aneka ragam peyek, tempe goreng, serta ada pula ragi kelapa.

  • Cara penyajian pecel rawon

Cara meracik 2 makanan lezat dalam satu piring ini pun memiliki urutan yang perlu diperhatikan oleh setiap penjual pecel rawon. Dalam setiap penyajiannya penjual pecel rawon selalu meracik pecel rawon secara berurutan. 

Uruntan penyajian dari pecel rawon yang pertama adalah menyiapkan piring yang di isi dengan nasi. Kemudian dilanjutkan dengan menata sayur rebus diatas nasi tersebut. Setelah nasi sayur sudah tertata, kuah rawon diguyurkan diatasnya, lalu dilanjutkan dengan penambahan bumbu kacang. Dengan urutan penyajian seperti ini membuat cita rasa gurih dan pedas bumbu kacang tetap terasa.

Nah itu dia kuliner unik pecel rawon yang ada di Banyuwangi. Jika kamu tertarik untuk mencobanya menu ini tersedia dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB dan Mpo88 kamu bisa menemuinya di warung-warung pecel rawon yang ada di Banyuwangi. Jika berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa untuk mencicipinya ya.