7 Makanan Ciri khas Nganjuk Yang Sangat Nikmat

Culinary-tourism – Nganjuk tidak cuman mempunyai pemandangan yang menarik. Saat ke kota di Jawa Timur ini, kamu harus juga coba beragam olahan kulineran uniknya yang kaya cita-rasa.

Beragam olahan mempunyai kekhasan tertentu bila dibandingkan dengan wilayah lain. Sebutlah saja nasi tumpang yang pas dicicipi saat makan Situs Slot pagi atau sego becek yang telah menjadi legenda.

Dapat kamu menjadikan gagasan kuliner, berikut enam makanan ciri khas Nganjuk yang perlu kamu coba. Ditanggung buat ngiler, dech!

  1. Nasi becek
    Kulineran ini telah ada semenjak jaman Belanda. Dahulu namanya de trieste rijst, olahan yang cuman dapat dicicipi oleh kelompok tertentu saja. Sekarang, tiap hari banyak yang cari.

Nasi becek terbagi dalam kombinasi nasi putih dengan sate daging kambing yang telah di terlepas tusuknya. Selanjutnya, kombinasi itu disiram dengan kuah gulai.

Banyak yang menjelaskan jika makanan ini ibarat gulai kambing. Tetapi, ada bumbu kacang di nasi becek yang menjadi pembanding dari makanan yang lain.

  1. Dumbleg
    Olahan ini dibuat dari tepung beras atau ketan yang digabung dengan gula jawa dan santan. Adonan selanjutnya dibuntel pelepah jambe.

Rasanya manis dan renyah dengan struktur seperti jenang dodol, hingga sanggup menganakemaskan lidahmu. Umumnya, dumbleg dibikin berbentuk lonjong dan besar, lalu buntelnya dijahit di samping samping dan bawahnya.

Dumbleg terdiri dari 2 tipe, putih dan merah. Dumbleg putih tidak memakai gula merah seperti dumbleg merah. Tetapi, rasa ke-2 nya memang tidak perlu disangsikan kembali.

  1. Sate kenul
    Jadi icon kulineran wilayah Nganjuk, sate kenul sebagai olahan yang paling unik. Sate ini dibuat dari daging kambing yang digabung parutan kelapa muda, cabe, dan gula pasir.

Sate selanjutnya dimasak dengan api sedang saat sebelum disajikan. Penyuguhannya memakai sayur usik yang dibikin dari potongan daging kambing digabung tulang sapi dan bumbu rempah.

Makanan ini dahulunya disajikan bila ada acara pernikahan saja. Sekarang bila tiba ke Dusun Lumpang Kuwik, Nganjuk, kamu akan gampang mendapati sajian satu ini.

  1. Nasi tumpang
    Sepintas, nasi tumpang serupa dengan nasi pecel. Perbedaannya berada pada sambal tumpang di menu ini. Sambal tumpang sebagai sambal dari tempe yang telah difermentasi sepanjang dua atau 3 hari.

Langkah penyuguhannya persis sama dengan nasi pecel dengan sayur. Sesudah disiram dengan sambal kacang, selanjutnya ditambahkan sambal tumpang sebagai menambah cita-rasa.

  1. Asem-asem Kambing
    Kulineran ini dibuat dari daging kambing yang diolah dengan daun kedondong, hingga cita-rasanya asam dan fresh. Tidaklah aneh bila kulineran ciri khas Nganjuk ini jadi incaran untuk pecinta kulineran wilayah.

Bila kamu sedang lewat ke wilayah Nganjuk dan cari hidangan makan siang, berkunjung di Ngluyu, Nganjuk. Asem-asem kambing benar-benar gampang kamu dapatkan di situ.

  1. Sego membanting
    Kemungkinan kamu kenal dengan hidangan kulineran sego kucing atau nasi kucing. Sego membanting yang hampir serupa dengan sego kucing ini dapat kamu mencari pada malam hari. Olahan nasi ini tidak besar dengan lauk mi, orek tempe dan sambal yang nikmat.

Bila dibanding dengan sego kucing, jatah sego membanting sedikit banyak. Dihidangkan dengan beragam gorengan sebagai pendamping pasti membuat kamu kenyang dengan sekali makan.

  1. Tepo Mbah Umbruk
    Cari hidangan kulineran ciri khas pada harga yang relatif murah saat ada di Nganjuk? Coba menu kulineran Tepo Mbah Umbruk. Namanya yang unik buat banyak yang dibikin ingin tahu.

Tidak cuma namanya, rasa tepo ini juga sedap. Serupa dengan lontong, tetapi saat sebelum mengolahnya, beras digabung dengan rempah-rempah.

Langkah penyajiaanya sama dengan lontong, tetapi tepo mbah umbruk dikonsumsi dengan olahan kacang tolo atau biji kacang panjang bukan opor atau sate. Ditanggung nikmat, dech!

Saat ada di Nganjuk, kamu akan dibikin Mpo88 kebingungan dengan kulineran ciri khas yang bermacam. Referensi makanan di atas dapat kamu bikin sebagai opsi bila kamu sedang ke Nganjuk. Masalah rasa, tidak akan membuat kamu sedih, kok!