Resep Ayam Taliwang Asli Yang Sedap Dan Nikmat

culinary-tourism – Masakan daging ayam ciri khas Indonesia memang paling juara. Rasanya sudah tentu nikmat karena diolah dengan bumbu rempah. Salah satunya yang terpopuler ialah Judi Slot ayam taliwang asal Lombok.

Kesan pedas dan fresh dapat didapat pada sebuah gigitan. Ayam taliwang dapat dihidangkan dengan dimasak atau dibakar, ke-2 nya sama nikmat, kok.

Jika tidak ada yang jual di dekat rumahmu, coba mengolah sendiri. Baca resep ayam taliwang dan langkah membuat ayam taliwang asli berikut, ya!

  1. Beberapa bahan membuat ayam taliwang
    Bahan khusus:

750 g ayam daerah
1,5 ltr air
1 biji jeruk nipis
1 sendok teh gula pasir
garam seperlunya
Bahan bumbu lembut:

8 biji bawang merah
3 biji bawang putih
8 cabai merah keriting
8 cabai rawit merah
2 batas kencur
1 biji tomat
1 sdt terasi

  1. Marinasi daging dengan jeruk nipis

Saat sebelum diproses, bersihkan daging ayam sama air mengucur sampai bersih. Keringkan sampai kering, lalu potong daging ayam jadi bagian-bagian. Tidak boleh kekecilan atau kebalikannya.

Seterusnya, masukan potongan daging ayam ke tempat. Tambah garam dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata dan marinasi sepanjang lebih kurang 15 menit.

  1. Lumatkan dan oseng bumbu

Masukan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit merah, kencur, tomat, dan terasi ke jus. Lumatkan seluruh bahan itu sampai halus.

Persiapkan teflon di atas kompor, lalu tuangkan sedikit minyak dan panasi. Oseng bumbu yang telah dilumatkan hingga harum. Tambah sedikit garam, aduk kembali sampai masak.

  1. Masak daging dengan bumbu sampai empuk

Masukan potongan ayam ke tumisan bumbu. Tambah sedikit air, lalu bumbui juga dengan garam dan gula seperlunya. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

Kemudian, tunggu hingga airnya berkurang dan daging ayam jadi empuk. Kecilkan api kompor, supaya tidak begitu gosong. Apabila sudah, selekasnya angkat dan tempatkan ke tempat.

  1. Bakar ayam pada grill pan atau di teflon

Pisahkan bumbu yang masih ada ke tempat kecil. Persiapkan grill pan di atas kompor dan beri dengan sedikit mentega atau minyak. Panasi sesaat, lalu diamkan, Bakar potongan daging ayam satu demi satu dengan dikasih jarak sampai masak ke-2 seginya. Berikan bumbu Mpo88 ke masing-masing potongan ayam. Selekasnya angkat dan suguhkan ayam taliwang dengan nasi putih kegemaranmu.

Nach, rupanya buat ayam taliwang tidak sesusah yang kamu pikirkan, kan? Yok, langsung coba masakan sedap yang ini!