Inilah Resep Soto Cirebon Yang Enak Dan Nikmat

Culinary-tourism – Ada banyak makanan khas Indonesia yang lezat dan patut kamu coba. Sebagai contoh dari daerah Cirebon ada Empal Gentong, Docang Lawang Dada, Nasi Jamblang dan Soto Cirebon. Dari kesemua makanan tersebut ternyata ada yang bisa kamu buat sendiri di rumah Situs Slot jika rindu cita rasanya. Makanan itu adalah soto Cirebon, penasaran? Inilah beberapa Resep Soto Cirebon yang bisa kamu coba!

Apasih Soto Itu?

Soto adalah sup tradisional asal Indonesia yang bahan utamannya terdiri dari kaldu, daging, dan juga sayuran. Soto sering disebut sebagai hidagan nasional Indonesia karena mulai dari Sabang sampai Merauke punya hidangan jenis ini. Jika ada perbedaan biasanya terdapat pada bumbu atau bahan tambahan lain tetapi secara umum memiliki prinsip yang sama. Beberapa yang terkenal adalah Soto Lamogan, Soto Betawi, Coto Makassar, dan Soto Kuah Kuning Cirebon.

Resep Soto Cirebon Yang Bisa Kamu Coba

Ternyata jika kamu mau sedikit saja berusaha tak perlu pergi jauh ke Cirebon untuk menikmati enaknya soto kuning. Kamu bisa membeli bahan-bahan di pasar dan mengikuti resep berikut ini:

  1. Menyiapkan 21 Bahan Untuk Membuat Soto Kuning

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kurang lebih 21 macam bahan agar soto Cirebonmu lezat. Pertama siapkan 500 gram ayam, 1,5 liter air, soun 2 bungkus yang telah di seduh air panas. Jangan lupa sediakan juga 3 buah kentang yang telah di potong dadu. Irisan kol sekitar 200 gram, toge 2 genggam, dan 2 batang daun bawang yang telah di potong-potong.

Bumbunya ada kaldu bubuk 1sdt, 2 batang serai geprek, 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk dan sekitar 3cm jahe yang di geprek. Tak lupa siapkan pulakecap 2 sdm, 4cm lengkuas yang di geprek, ½ buah jeruk nipis ambil airnya saja. Jangan lupakan bumbu halus yang terdiri dari 4 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 1 sdm kunyit bubuk, 1sdt lada bubuk dan garam.

  • Langkah Membuat Soto Cirebon

Setelah kamu selesai menyiapkan sekitar 21 bahan pembuat soto, kini tiba saatnya untuk memasak. Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  • Pertama rebus ayam hingga matang, kemudian angkat, suwir-suwir dan sisihkan.
  • Selanjutnya haluskan bumbu dan tumis bersama serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam sampai harum.
  • Setelah bumbu wangi masukkan kentang potong tumis, susul dengan menambahkan air dan kaldu bubuk. Masak sampai kentang lembut dan matang.
  • Jangan lupa tambahkan tauge, irisan daun bawang, kol dan ayam suwir didihkan dan angkat.
  • Siapkan mangkok isi dengan soun rebus, siram dengan kuah soto dan isianya taburi bawang goreng. Agar lebih sedap tambahkan kecap manis dan air perasan jeruk nipis.
  • Soto kuah kuning khas Cirebon siap kamu santap bersama keluarga.

Tips Membuat Soto Agar Lebih Nikmat

  • Gunakan bahan baku ayam kampung agar kaldu yang dihasilkan lebih gurih dan enak.
  • Rebus daging ayam menggunakan air biasa agar lemaknya keluar dan rasa gurih alaminya lebih terasa. Selain itu daging ayam juga akan memiliki tingkat kematangan yang sempurna.
  • Jika bisa hindari penggunaan bumbu instan agar rasa kuahnya lebih segar dan fresh. Kendati bumbu instan lebih praktis tetapi membuat bumbu dari bahan fresh akan membuat soto menjadi lebih lezat.
  • Agar bumbu tidak terasa langu jangan tambahkan air saat menumis.

Sekarang dengan Resep Soto Cirebon di atas kamu bisa menikmatinya tanpa harus jauh datang ke kotanya langsung. Dengan membuat sendiri kamu juga akan lebih Mpo88 tahu kualitas serta kehigenisan bahan yang kamu gunakan. Nah, sudah ingin mencobanya di rumah bukan? Demikian ulasan menariknya semoga membantu.