Yuk Cobain Resep Bakpau Ijo Lumer Anti Gagal!

Aneka makanan lumer memang selalu menggoda selera, terlebih jika memiliki aroma khas yang melambai-lambai di indra penciuman kita. Salam satu yang juga tak kalah Situs Slot menggoda adalah bakpau ijo lumer. Tampilannya saja sudah sangat menggoda bukan ?

Belakangan ini bakpau ijo lumer juga cukup populer. So buat kalian yang ingin membuatnya sendiri, berikut resep bakpau ijo lumer anti gagal :

Bahan-bahan bakpau ijo lumer

Sebelum mempraktikkan resep bakpau ijo lumer, yang pertama tentu harus kita siapkan dahulu bahan-bahannya. Berikut bahan yang harus kita siapkan :

  1. Tepung terigu 250 gr
  2. Gula pasir 3 sdm
  3. Baking powder setengah sdt
  4. Garam setengah sdt
  5. Susu hangat 150 ml
  6. Ragi 1 sdm
  7. Telur 1 butir (ambil bagian kuning telur)
  8. Pandan untuk pewarna hijau (bisa pakai pasta pandan instan)
  9. Coklat untuk isian (bisa juga menggunakan mesis)

Alat membuat bakpau ijo lumer

Selain bahan, peralatan untuk membuat bakpau ijo lumer juga perlu dilengkapi. Hal ini agar saat pembuatan kita tidak perlu mondar-mandir mencari alat yang digunakan. Apa saja alatnya ? berikut daftarnya :

  1. Gelas
  2. Sendok
  3. Baskom atau sejenisnya untuk mencampur adonan
  4. Kain serbet bersih (untuk membungkus tutup dandang saat mengukus)
  5. Kukusan atau dandang

Cara membuat bakpau ijo lumer

Setelah semua bahan tersedia, sekarang saatnya kita mempraktikkan resep bakpau ijo lumer. Jangan lupa semua bahan harus tersedia. Karena kurang satu bahan saja, bakpau ijonya bisa gagal lumer. Dan langsung saja berikut cara membuatnya :

  1. Pertama kita campurkan susu hangat, gula pasir, dan juga ragi dalam gelas. Kita aduk rata dan kemudian dibiarkan selama 6-10 menit hingga berbusa. Jika kalian penyuka manis, maka takaran gula pasirnya bisa ditambah sesuai selera. Namun jangan kebanyakan karena nanti bisa tabrakan sama rasa coklatnya.

  2. Kemudian ambil baskom dan campurkan terigu, baking powder, dan juga garam. Usahakan ketiga bahan ini tercampur dengan rata.

  3. Selanjutnya tuangkan campuran susu hangat yang telah dicampurkan pada step satu.

  4. Tambahkan pewarna pandan dan juga kuning telur, uleni sampai kalis.

  5. Setelah diuleni, adonan didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam. Usahakan menempatkan adonan pada wadah tertutup.

  6. Setelah didiamkan kurang lebih selama satu jam, maka adonan akan mengembang. Selanjutnya adonan ini kita kempiskan lagi dan dibagi menjadi beberapa bagian.

  7. Adonan yang telah dibagi kemudian dibentuk menjadi bulat, lalu dipipihkan dan diisi dengan coklat.

  8. Setelah diisi dengan coklat, kemudian didiamkan sekitar 15 menit.

  9. Sembari menunggu bisa kita siapkan kukusan untuk memasak bakpau.

  10. Jika air sudah mendidih, bakpau siap dikukus selama 15 menit. Saat mengukus gunakan serbet bersih untuk membungkus tutup kukusan.

  11. Setelah matang, bakpau ijo lumer siap dihidangkan.

Buat kalian yang kurang suka coklat, isian bakpau ijonya juga bisa diganti dengan keju lho! Atau yang suka variasi bisa menggunakan keduanya. Dengan begitu bakpau yang kita buat bisa beraneka rasa.

Bagaimana resep bakpau ijo lumernya ? Cukup mudah untuk dipraktikkan bukan ? Peralatan yang digunakan juga sederhana dan pastinya sudah tersedia di dapur rumah Mpo88 kita. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera cobain resepnya !