Deretan Makanan Penggugah Selera Asal Madiun

Deretan Makanan Penggugah Selera Asal Madiun

Culinary-tourism – Kira-kira apakah yang bakalan terlintas di benakmu tentang Kota Madiun. Salah satu kota di Jawa Timur ini ternyata mempunyai daya tarik tersendiri di bidang kulinernya. Deretan makanan penggugah selera ini ternyata Situs Slot berasal dari Madiun lho.

Mendengar makanan khas dari Madiun pasti kalian semua pernah merasakan apa itu pecel madiun, ternyata selain pecel madiun juga mempunyai beberapa kuliner khas dari daerahnya. Mulai dari nama dan cita rasanya yang khas, pasti akan membuat anda kangen untuk merasakan dan mencobanya lagi.

Deretan Makanan Penggugah Selera Ini Berasal Dari Madiun

Kota Madiun rupanya menyimpan berbagai makanan penggugah selera. Berbagai makanan khasnya ini membuat orang ingin mencicipinya dan membawa nya sebagai makanan oleh-oleh ketika berkunjung di kota ini. Penasaran apa saja sih yang menggugah selera dari kota Madiun, simak penjelasannya di bawah ini sebagai referensi ketika kamu berkunjung.

  1. Masakan Soto Kutilang

Walaupun bisa dikatakan sudah cukup lama, masakan soto kutilang masih menjadi salah satu makanan khas dari Madiun yang masih digemari hingga saat ini. Warung soto yang terkenal ini salah satunya adalah milik Bu Topo. Soto ini terletak di Jalan kutilang yang menyajikan soto daging sapi dilengkapi babat, perkedel kentang, empal dan juga keripik kentang.

  • Lontong Tahu Telur

Makanan penggugah selera yang satu ini juga berasal dari Madiun. Lontong tahu telur merupakan makanan berat yang merupakan pencampuran dari telur, tahu, lontong yang kemudian disiram dengan kuah kacang beserta pelengkapnya kerupuk. Lontong tahu telur sangat cocok bagi kamu penggemar makanan pedas dan supaya lebih enak dapat kamu tambahkan taburan daun bawang dan bawang goreng.

  • Ayam Panggang Madiun

Ayam panggang tentunya dapat ditemukan di seluruh kota di Indonesia, tetapi ayam panggang dari Madiun ini mempunyai aroma khas ketumbar dan pedas. Sentra ayam panggang di Madiun berada di Desa Gandu. Ayam panggang dari desa ini sudah melanglang buana ke seluruh Indonesia, dengan citarasa pedas manis yang khas ayam panggang ini cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat dan lalapan.

  • Nasi Pecel

NaSI Pecel Madiun adalah salah satu makanan khas Madiun yang sudah terkenal kelezatannya. Keistimewaan dari makanan ini terletak pada daun pisang sebagai pembungkus makanannya. Pada umumnya nasi pecel disajikan bersama dengan lauk tambahan seperti ayam, telur, lidah sapi, babat, dan rempeyek.

  • Pentol Corah

Makanan ringan yang satu ini adalah makanan ringan khas dari daerah corah Madiun. Hal yang membuatnya berbeda dari pentol biasa adalah bentuknya yang kotak dadu dan rasa pedasnya yang nampol sehingga sangat membangkitkan selera untuk memakannya. Makanan ringan satu ini banyak dijual di kedai pinggir jalan Kota Madiun dengan harga yang ramah dikantong.

  • Nasi Jotos

Apabila di wilayah Yogyakarta sangat terkenal dengan nasi kucing, maka di Madiun juga memiliki makanan serupa yaitu nasi jotos. Kelezatan dari nasi jotos semakin mengundang untuk dirasakan karena memakai pembungkus dari daun pisang sehingga aromanya tercium begitu nikmat. Seporsi nasi jotos mempunyai lauk kering tempe/tahu, telur, bihun dan sambal, tetapi jangan salah dengan porsinya yang sedikit akan membuat anda ketagihan untuk makan.

Itu tadi kiranya beberapa makanan khas dari kota Madiun. Kiranya beberapa makanan itu dapat menjadi makanan penggugah selera yang selalu dapat mengingatkan kamu akan keramahan di kota ini. Silahkan mencoba beberapa dari makanan yang Mpo88 kami rekomendasikan ini, dijamin deh kamu bakal ketagihan dan pengen membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga kamu dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.