Resep Ikan Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh

Resep Ikan Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh

Culinary-tourism – Gurami dikenali sebagai ikan tawar yang banyak dicintai oleh beberapa orang di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Jika di Indonesia, ikan ini diproses Situs Slot dengan dimasak atau bakar.

Sambal sering jadi rekan yang cocok untuk ikan goreng. Rasa pedas enaknya selalu membuat selera makan semakin semakin bertambah.

Salah satunya kreativitas gurami yang harus kamu coba ialah dimasak, lalu dihidangkan dengan sambal belimbing wuluh. Wah, sekali coba tentu ingin kembali, dech!

  1. Beberapa bahan yang dibutuhkan

Bahan khusus:

1 ekor ikan gurami
1 sendok teh bubuk kunyit
1 biji jeruk nipis
garam seperlunya
Bahan sambal:

6 biji bawang putih
8 biji bawang merah
3 cabai hijau
3 cabai merah
3 cabai rawit
3 biji belimbing wuluh
1 biji tomat
gula seperlunya
garam seperlunya
kaldu bubuk seperlunya

  1. Goreng ikan sampai warna keemasan
    Bersihkan ikan sama air mengucur, lalu membersihkan kotoran yang ada pada tubuh ikan. Lumuri ikan dengan kombinasi kunyit, garam, dan jeruk nipis. Aduk sampai semua bagiannya terbaluri rata.

Kemudian, diamkan sepanjang 15 menit agar bumbu menyerap ke dalam. Jika sudah, goreng ikan dalam minyak panas hingga masak. Nantikan sampai ikan warna keemasan, lalu angkat dan keringkan.

  1. Irislah tipis bahan untuk membikin sambal
    Kupas bawang putih dan merah dari kulitnya, lalu irislah tipis-tipis. Bersihkan sampai bersih cabe merah, cabe hijau, rawit, dan tomat sama air mengucur. Irislah kembali seluruh bahan itu.

Untuk cabe, irislah dengan membentang dan potong dadu tomat sama ukuran sama. Membersihkan belimbing wuluh dan potongi, lalu pinggirkan.

  1. Oseng bumbu hingga wangi dan siram sambal di atas ikan goreng
    Oseng bawang putih dan merah, lalu masukan cabe. Aduk sampai tercium berbau harum. Selanjutnya, masukan tomat dan belimbing.

Seterusnya, tambahkan bumbu dan aduk sampai rata, lalu angkat. Tata ikan dalam piring bersih dan siram sambal belimbing wuluh di atasnya. Suguhkan gurami goreng sambal belimbing wuluh saat lagi hangat.

  1. Panduan pilih ikan gurami yang fresh
    Jauhi pilih gurami memiliki ukuran terlampau besar karena kamu akan mendapatkan struktur daging yang keras dan keras. Pilih ikan gurami dengan insang warna merah hati dan mata mencolok keluar.

Gurami yang fresh mempunyai sisik mengkilat, ya. Saat didesak, keadaan gurami yang kuat mengisyaratkan ikan tersebut fresh dan pas untuk dibuat jadi masakan.

Gurami goreng sambal belimbing wuluh ini Mpo88 mempunyai rasa asam dan pedas yang beri kesegaran. Dicicipi dengan nasi hangat, ditanggung akan buat kalap, dech. Yok, coba buat menu nikmat ini untuk menu makan siang kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.